PULAU SIRANDAH

Pulau Sirandah merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung, berada disebelah barat Pulau Sikuai dengan waktu tempuh 22 menit dari Sungai Pisang.Pulau Sirandah terletak pada Koordinat 01o 07’ 20” LS dan 100o 20’ 27” BT. Kata Sirandah itu sendiri memiliki arti rendah.

Kondisi umum Pulau Sirandah merupakan pulau yang tidak berbukit dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi beberapa jenis pohon seperti kelapa, semak, dan bakau, pulau ini tidak berpenduduk.

Asal usul dinamakan Pulau Sirandah adalah karena memang pesisir pantai yang mengelilingi pulau ini sangat landai. Terlebih dibandingkan dengan pulau lain disekitarnya, lanskap pulau ini lebih rendah. Berita dari masyarakat setempat, dahulunya Pulau ini sering dijadikan persinggahan bagi kapal kapal yang ingin berangkat mencari ikan ke laut.

Terletak di sebelah barat Pulau Sikuai , sebagai pulau yang masih perawan pulau ini sudah mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Pulau ini menawarkan Pasir Putih dan Air yang Jernih, Keanakeragaman biota bawah laut di Pulau ini juga sangat cocok untuk aktivitas Snorkeling dan Diving.

Bahkan karena berada di bagian terluar di antara pulau-pulau lain pulau ini juga sering disinggahi hiu-hiu mungil tropis.

Selain Itu, Uniknya dibelakang Pulau Sirandah terdapat pulau kecil yang menyerupai Penyu alias Kura-Kura. Berbagai fasilitas terus dilengkapi di Pulau ini, mulai dari penginapan dan juga Waterboom Laut.

PAKET SIRANDAH

 

  • Pulau Penyu

  • Dermaga Sirandah