INFORMASI DESTINASI WISATA DI SUMATERA BARAT

21. Apr, 2022

Hai hai hai travelmate, Bukittinnggi salah satu kota yang berada di sumatera barat dan di juluki sebagai kota wisata. Yang namanya kota wisata pastinya sudah kebayang yatravelmate bagaimana keramaian dan kepadatan pengunjung di hari-hari besar seperti tahun baru, natal dan idul fitri. Menjadikan pusat dengan julukan itu kota bukittnggi sangat preper dengan segala kebutuhan pariwisata.

Mulai dari Penginapan/Hotel, Kuliner, Pusat Oleh-oleh, hingga destinasi wisata sejarah yang ada di indonesia. Hhmmm mimin sedikit bangga tinggal di sumatera barat. Namun hal ini tidak berjalan dengan baik apabila tidak di pimpin oleh pemerintah yang belom pernah menjadi praktisi di bidang pariwisata. Tapi dengan di sukung pemerintah yang peka dengan peluang dan selalu menaikkan targetr untuk daftar pengunjung yang datang di bukittinggi menjadikan kota wisata ini tidak pernah sepi dengan pengunjung walaupun di malam hari.

Namun travel mate harus lebih paham dengan kondisi ini, taukah travelmate untuk di kota wisata bukittinggi satu satunya kota yang menaikkan harga penginapan di setiap weekendnya di Up 100.000 s/d 250.000 per kamarnya. Hal ini berlaku untuk semua hote berbintang yang ada di bukittinggi. 

Nah salah satu cara mengatasi keboncosan kredit untuk penginapan travelmate bisa bermalam di beberapa home stay atau hotel oyo yang memiliki harga yang cukup konsisten di aplikasinya. atau pesan melalui travel agent, walaupun ada kenaikan mulai 100 s/d 250K travel agent memiliki harga kontrak dengan berbagai hotel yang ada di indoonesia

Dengan menghubungi dan melakukan reservasi dengan travel agent travelmate tidak perlu repot untuk menanyakan dan mencek tentang ketersediaan kamar di hotel tersebut. Dan yang perlu di garis bawahi untuk harga kontrak rate hotel dengan travel agent sudah includ sarapan jadi gak ada yang namanya penambahan biaya sarapan ketika di lobi restourant hotel.

Nah Sudah Terbayang ya trvelmate tentukan jadwal liburan sahabat di kita wisata bukittinggi bersama duta pesona wisata.....

21. Apr, 2022

Baju baru alhamdulillah

Tuk Di pakai di hari raya

tak ada pun tak apa-apa

masih ada baju yang lama

Hai travel mate Bulan suci ramadhan ini tidak terasa hanya beberapa hari lagi, setelah selesai bulan ramadhan ini umat islam akan menyambut hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri.

Hari raya idul fitri adalah hari raya umat islam yang jatuh tanggal 1 syawal pada kelender hijriyah.Kebiasaan orang-orang pada hari raya idul fitri ini berkunjung ke rumah sanak saudara dan membagi-bagikan THR (Tunjangan Hari Raya).Selain kebiasaan itu,semua orang sebelum menyambut hari raya idul fitri biasanya membeli pakaian baru untuk dipakai saat hari raya.Istilah kata tidak memakai pakaian baru berarti tidak lebaran. Ya namanya juga menyambut hari kemenangan pastinya ada persiapan untuk menyambut hari yang spesial itu ya sahabat.
 
Daerah Sumatera Barat terkenal dengan harga pakaian yang cukup murah, Hmmm kenapa demikian ya? Untuk itu,sahabat traveler kita akan merekomendasi tempat membeli pakaian untuk lebaran,yang selalu menjadi pusat berbelanja di setiap tahunnya bahkan bukan hanya di waktu hari raya idul fitri:
 
1.Serba 35 Ribu
Toko serba 35 ribu ini berada di kota padang sudah memiliki banyak cabang tetapi dengan pemilik yang berbeda. Serba 35 ribu ini sangat rekomendasi sekali sahabat dengan harganya yang begitu terjangkau bagi masyarakat untuk membeli baju lebaran. Di toko ini ada baju dan celana cewek,baju cowok,sendal dan sepatu balet,baju anak-anak,dll. Baju disini tidak kalah bagus dengan dengan butik.
Selain dengan kualitas bahan dan model yang beragam serba tiuga lima juga sering mengadakan promo beli 3 hanya 100.000.- wahhh siapa yang tidak tertarik dengan penawaran yang di berikan. Hmmm kalau harganya merakyat seperti ini pasti masyarakat sumbar sudah di pastikan 80% berbaju baru ya sahabat.
 
2.Mall Ramayana
Mall ramayana merupakan salah satu nama mall yang ada di Sumatera Barat,terkhusus nya berada di kota Padang. Di mall ramayana ini setiap tahun menjelang hari raya idul fitri mengadakan diskon besar-besaran dari baju,sendal,celana,sepatu,tas dan masih banyak lagi. Orang-orang di kota Padang berbondong-bondong membeli pakaian lebaran disini karena banyak diskon mulai dari 30-75% juga masih ada di setiap weekend nya, jadi sebagai saran buat travelmate untuk berbelanja di ramayana di weekend pasti banyak diskonnya.
 
4.Pasar Aur Kuning
Di pasar aur kuning,Bukittinggi,Sumbar.Tempat ini menjadi favorit bagi kalangan masyarakat karena murah dan menyediakan beragam jenis bahan dan pakaian.Kebaya,kain bordir,busana muslim,pakaian berbahan jeans,dan jenis pakaian lainnya tersedia di pasar ini.Tua,muda,pria bahkan wanita berdatangan dari luar kota ke tempat ini berbelanja baju lebaran atau hanya sekedar melihat pakaian baru.
Karna menjadi beberapa pusat pengumpulan penggiat umkm yang memiliki kualitas pastinya untuk harga tidak semiring di maal atau serba 35 ya sahabat. Namun jangan khawatir sahabat untuk berbelanja pakaian harga di pasar aur kuning cukup miring bagi masyarakat.
Bukan hanya baju di pasar aur kuninag sahabat dapat mencari kebutuhan seperti horden hingga cemilan kue lebaran bagi sahabat yang mungkin sibuk dan tidak sempat mempersiapkan cemilan. Selain berbelanja sahabat juga dapat menikmati keindahan julukan kota wisata sumatera barat bukittinggi, mulai dari destinasi wisata sejarah hingga iconnya sumbar. Atau persiapkan liburan berbelanja dengan duta pesona wisata. Cek
 
Wah kalau begini lirik lagu di atas tidak berlaku lagi sahabat dan di ganti menjadi Baju baru alhamdulillah, tuk di pakai di hari rayaaaaa.
19. Apr, 2022

Umat islam di seluruh dunia telah memasuki bulan suci ramadhan dan saat ini sudah hampir setengah bulan menjalankan ibadah puasa.Di daerah Sumatera Barat cuaca sangat panas sekali pada bulan suci ramadhan ini.Berpuasa dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam,tentunya saat berpuasa perut semua orang lapar.Saat berbuka pasti kita sangat butuh makanan yang mengganjel agar perut  kita tidak terlalu lapar.

 
Disini kami rekomendasi kepada sahabat Jajanan tradisional sumbar yang laris saat berbuka puasa:
1.Sala Lauak
sala lauak merupakan ciri khas sumatera barat dari daerah pariaman.Yang terbuat dari campuran tepung beras,irisan daun kunyit dan lauak (ikan).Adonan tersebut dibentuk bulat seperti bakso dan digoreng hingga matang.Tak cuma jadi cemilan,sala lauak ini sering disantap orang bersama lontong. 
2.Karupuak Kuah
karupuak kuah merupakan kerupuk yang disiram kuah sate padang dan diberi tambahan berupa mihun atau mie goreng kuning di atasnya.Karupuak yang dipakai pun tak sembarangan.Biasanya karupuak kuah menggunakan karupuak laweh (kerupuk lebar) yang terbuat dari singkong.Karupuak laweh berbentuk tipis,lebar dan berwarna putih.
3.Kue Singgang
Kue singgang atau bika merupakan kue khas minang.Kue ini terbuat dari tepung beras,tape singkong,santan kelapa,parutan kelapa muda,gula dan sedikit garam.Adonan kemudian dimasukkan dalam cetakan dan dipanggang di atas bara sabut kelapa. 
4.Lapek bugih 
Lapek bugih adalah makanan yang adonannya terbuat dari tepung pulur atau ketan,kelapa, gula enau atau gula pasir,kacang tanah,vanili dan santan kelapa yang kemudian dibungkus dengan daun pisang.Lapek bugih memiliki citra rasa gurih dan manis serta terdapat tekstur kasar dari kelapa dan kacang tanah.
5.Sambareh (Serabi) 
Berasal dari daerah padang pariaman yang dikenal seagai kue serabi asal minangkabau.Sambareh terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santal kental,garam dan telur.Kemudian disantap dengan cairan kuah olahan dari gula merah yang telah dicampur dengan daun pandan,garam dan santan.Perpaduan gurih dan manis menjadi pilihan menu untuk mengawali waktu berbuka puasa dalam rangka melepaskan sejenak rasa lapar.
 
 
19. Apr, 2022

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kepulauan yang mempunyai adat dan tradisi unik yang sangat banyak namun berbeda- beda. Perbedaan inilah yang menjadikan Indonesia adalah negara yang beragam dan memiliki keunikannya sendiri, seperti tradisi di Sumatera Barat.

Sumatera Barat memiliki beberapa keunikan tersendiri pada setiap daerahnya yang diadakan setiap tahunnya, seperti tradisi masyarakat Sumatera Barat untuk merayakan hari raya idul fitri. Tradisi ini memiliki keunikan tersendiri pada setiap daerah di Sumatera Barat.

Ingin mengetahui keunikan dan suasana menjelang hari riaya idul fitri di Sumatera Barat??, yuk langsung aja kita bahas apa saja keunikan yang ada di daerah Sumatera Barat!.

1. Manambang

Manambang merupakan tradisi yang paling digemarioleh anak-anak, manambang merupakan tradisi yang biasa dilakukan anak-anak disaat moment hari raya Idul Fitri tiba. Setelah sholat ied, anak-anak akan ramai berkunjung ke setiap rumah. Dan pihak rumah biasanya memberikan memberikan sejumlah uang THR.

2.Pulang Basamo

Pulangnya para perantau Minang ke kampungnya secara bersama-sama itulah yang disebut Pulang Basamo. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk kerabat atau saudara yang berada di tanah rantau. Sesampainya di kampung halaman, masyarakat menyambut kedatangan para perantau dengan bahagia.

3.Kue VOC

Pada saat Idul Fitri nanti akan banyak hidangan yang tersaji khas dari Padang. Salah satu yang melegenda dan dapat dijumpai sampai sekarang adalah kue VOC. Kue VOC ini telah ada sejak penjajahan belanda dan sangat digemari oleh orang Belanda pada saat itu. Ituah kue ini disebut dengan Kue VOC.

4.Kabau Sirah 

Kabau Sirah merupakan tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Minang yang berada di Kecamatan Sintoga, atau disebut daerah Kabupaten Padang Pariaman. Tradisi ini masyarakat akan menyembelih kerbau untuk menyambut Idul Fitri. Penyembelihan dilakukan secara berkelompok atau bersama-sama. Setelah itu hasil sembelih kemudian diolah terlebih dahulu menjadi berbagai jenis makanan khas, yang kemudian dibagikan ke masyarakat.

12. Apr, 2022
Pada Bulan Ramadhan waktu berbuka puasa kini menjadi momen yang ditunggu - tunggu pada saat Bulan Ramadhan. Pada saat berbuka puasa, makanan yang manis dan berkuah sangat digemari untuk menjadi menu berbuka puasa. Contohnya seperti kolak. Di Indonesia kolak menjadi salah satu   menu favorit saat berbuka puasa karena cita rasanya yang lezat.
 
Makanan satu ini memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia sebab, perpaduan citarasa yang unik dari kolak, seperti manis, legit, dan gurih, namun kolak ini memiliki banyak macam yang dijadikan menu berbuka puasa. Berikut ada beberapa aneka kolak yang umum dijadikan menu berbuka puasa.
 
1. Kolak Ubi
Kolak ubi, dengan bahan dasarnya yaitu ubi. Ubi yang dibersihkan terlebih dahulu lalu dipotong-potong,dan dimasak dengan air, gula merah, santan dan garam. Ubi yang manis dan lembut membuat cita rasa yang gurih.
 
2. Kolak Pisang 
Tidak hanya ubi untuk dijadikan bahan dasar, namun pisang juga dapat dijadikan bahan utama, karena pisang mempunyai cita rasa yang manis dan asam, namun dicampurkan dengan santan dan gula merah. Kolak pisang merupakan jenis kolak yang menjadi primadona pada saat bulan ramadhan.
 
3. Kolak Durian
Mungkin kalian wajib coba kolak durian ini. Dengan kolak ini kalian bisa menikmati lezatnya kolak durian tanpa biji dan bau khas durian ini bakal bikin kalian ngiler yang membuat kamu ketagihan untuk mencoba kolak durian ini.
 
4. Kolak Candil Ketan
Tidak hanya itu, terdapat varian lain yang bisa kamu coba yaitu Kolak Candil Ketan. Jenis kolak ini dibuat menggunakan adonan tepung ketan dan air dan dibuat menjadi bulat - bulat dan dimasak bersama dengan larutan gula merah, agar lebih nikmat dicampur dengan kuah santan agar mendapatkan cita rasa yang gurih, yang membuat kamu menjadi ketagihan.
 
5. Kolak Labu
Jika kamu tidak menyukai rasa yang tidak terlalu manis ada varian kolak yang tidak terlalu manis yaitu kolak labu. Cara pembuatan sebenarnya sama saja dengan membuat kolak ubi. Hanya saja, dikarenakan rasa labu yang cenderung tawar, jadi rasa manisnya tidak terlalu seperti kolak ubi.