Wisata Populer

14. Apr, 2021

Hallo Sahabat Travel, Gimana informasi yang kita berikan ? jangan lupa comment ya sahabat travel. Nah kali ini kita akan tunjukin salah satu jajanan kue basah yaitu lapek bugih

Sumatra barat dikenal dengan kuliner yang unik dan lezat,salah satu jajanannya adalah lapek bugis.lapek bugis ini merupakan penganan tradisional yang digemari dan familiar dilidah orang minang.

Dari cerita yang beredar dimasyarakat lapek bugis ini berasal dari daerah bugis,makassar lalu dibawa oleh pelaut ke minangkabau.Lapek bugis ini berbentuk kerucut dengan tekstur lengket dan kenyal,biasanya terdapat isi dalam berupa parutan kelapa dan gula merah atau parutan kelapa dengan kacang lalu dibalut dengan daun pisang.

Lapek bugis ini sekilas mirip dengan kue bugis dibetawi atau kur mandut dijawa tetapi bedanya dijawa menggunakan ketan putih dengan isian enten yang dicampurkan oleh gula merah sedangkan di sumatra barat menggunakan ketan hitam maupun ketan putih dengan isian parutan kelapa dan gula ada juga yang ditambah dengan kacang lalau dilumuri oleh santan sehingga rasanya sangat gurih.

Lapek bugis ini berbahan tepung ketan hitam atau ketan putih,vanili,santan,garam,dan daun pisang.Membuat lapek bugis ini tidak terlalu sulit,bisanya tahap awal masak santan dan tambahkan garam sehingga mendidih.

Kemudian tuang santan tersebut ke adonan tepung ketan aduk dengan rata dan sisihkan.Untuk membuat isiannya masak parutan kelapa dengan gula pasir dan daun pandan agar harum.lalu tuang air hingga berserabut tambahkan garam lalu lanjutkan masak hingga matang.

Kemudian adonan ketan dibolongi bagian tengah nya masukkan isian tersebut lalu tutup kembali hingga rapat.lalu siram santan diatas adonan tersebut dan tutup dengan daun pisang sehingga berbentuk kerucut kemudian dikukus hingga matang.

Bila sudah matang lapek bugis akan terlihat mengkilap dan beraroma daun pisang dan vanili yang menggiurkan.Perlu diketahui jajanan ini tidak bertahan lama sekitar 1 haru saja karna tidak memakai bahan  pengawet kalau ingin bertahan lama anda bisa memasukkan lapek bugis ini kedalam kulkas.

Lapek bugis ini memiliki arti tersendiri dalam ritual adat di minangkabau contohnya hidangan penutup makan bajamba atau pelengkap makanan saat memasuki bulan ramadhan.

Sekarang Lapek bugis ini sangat mudah ditemukan dipasar,apabila anda penasaran dengan rasanya ayo dicicipi saat berbuka dibulan ramadhan ini.

Nah bagi sahabat travel yang ingin coba jalan-jalan sekaligus menikmati jajanan ini dapat hubungi PT. Duta Pesona Wisata

14. Apr, 2021

Hai sahabat travel, kali ini kita akan memberikan informasi tentang jajanan kawasan minangkabau yang enaknya nyampek ke tagihan, Mau tau apa aja yuk kita simak bareng-bareng. Lapek Sagan

Dari sekian banyak nama lapek ada satu yang unik yaitu lapek Sagan.lapek sagan makanan khas Minang kabau yang terbuat dari campuran beras ketan,kelapa yang di bungkus didalam daun pisang.

didalam bahasa Minang Sagan artinya malas.yang dimaksud adalah Sagan karajo atau malas kerja.

Lapek Sagan sejenis makanan basah yang sudah ada sejak zaman dahulu.rasa manis dan enak menjadi ciri khas makanan ini lapek Sagan memiliki tekstur yang lengket dan aroma yang nikmat.

Berbeda dari jenis lapek lainya lapek Sagan dibuat dengan bahan yang mudah didapat dengan cara yang sederhana .

Walaupun dibuat dari bahan yang sederhana lapek Sagan mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi.beras kentan yang digunakan mengandung kalsium, magnesiu,zat besi dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Pisang jugak mengandung banyak nutrisi dan vitamin bagi kesehatan tubuh, seperti potasium,kalium serat dan zat besi yang baik bagi kesehatan tulang.selain itu buah pisang juga mengandung vitamin c vitamin b6 magnesium dan 105 kalori.

Serta parutan kelapa mengandung serat vitamin c protein dan masih banyak lagi nutrisi lainya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Selain sebutan lapek masyarakat sering juga menyebutnya dengan nama "limpiang"
Lapek Sagan biasanya disajikan pada acara acara keluarga, ditemani dengan kopi hangat yang dapat menambah kenikmatan dalam menyatap lapek sagan.

Walaupun lapek Sagan makanan zaman dahulu zaman sekarang pun masih banyak di temui orang yang berjualan lapek sagan. Padang panjang penjual lapek Sagan dapat ditemui di sekitaran pasar Padang panjang.penjual lapek Sagan biasanya berjualaan di hari hari pasar saja hari Senin dan hari Jumat.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Sumatra barat jangan lupa untuk mencoba sensasi makan lapek Sagan biasanya berjualaan di pinggir Pinggir jalan harganya nya pun cukup terjangkau Lo buat satu buah nya lapek Sagan di bandrol seharga 2000 rupiah cukup murah bukan untuk sebuah makanan yang enak.

Dari liat foto nya aja uda pasti pengen nyoba ya sahabat. Hayuk berkunjung ke kota rendang minang kabau. PT. Duta Pesona Wisata 

13. Apr, 2021

Hai sahabat travel, siapa yang gak kenal dengan cerita legenda siti nurbaya yang masih menjadi trand dikalangan anak muda sekarang karna apabila ada perjodohan pasti di sebut hidup di zaman siti nurbaya kaliii. 

Cerita ini terdapat beberapa fersi yang di akhir cerita sang siti nurbaya meninggal karna di racuni oleh sang datuk maringgi. Berikut cerita singkat sejarah siti nurbaya. 

Siti Nurbaya adalah seorang gadis yang berasal dari ranah minang. Cerita Siti Nurbaya ini menceritakan suatu kasih yang tak sampai. Siti Nurbaya dan Samsulbahri adalah dua orang remaja yang saling mencintai.

Samsul mengatakan bahwa dia mencintai Siti Nurbaya ketika ia hendak pergi ke batavia (sekarang di sebut jakarta) untuk melanjutkan pendidikannya.

Ayah Siti Nurbaya adalah seorang pembisnis yang kaya raya. Tetapi dalam usahanya tersebut seorang Datuak Maringgih iri dan menjatuhkan usahanya sampai Sulaiman harus berutang kepadanya.

Karena tak sanggup membayar hutang Datuak Maringgih pun memberikan dua pilihan kepada Sulaiman. Sulaiman harus memilih antara menyerahkan anaknya untuk dinikahi oleh Datuak Maringgih atau Sulaiman akan dijadikan tahanan.

Karena rasa sayang dan cinta kepada ayahnya, Siti Nurbaya pun menerima tawaran dari Datuak Maringgih dengan hati yang sangat sedih. Siti Nurbaya pun mengirimkan surat kepada kekasihnya dan mengatakan bahwa mereka tidak akan bisa bersama lagi karena dia akan menikah dengan Datuak Maringgih.

Samsul pun sangat bersedih dan menerimanya. Berjalannya waktu Siti Nurbaya pun melarikan diri ke Batavia menemui Samsul karena tidak tahan lagi dengan Datuak Maringgih dan ayahnya pun sudah meninggal.

Tidak lama kemudian Datuak Maringgih pun menuduh Siti Nurbaya melarikan hartanya,nurbaya pun balik ke padang untuk menyelesaikan perkaranya dengan Datuak Maringgih.
Setelah datang dan bertemu dengan Datuak,dia pun diberi makan lemang yang sudah diberi racun,Siti Nurbaya pun meninggal karena keracunan.

Setelah itu Samsul pun langsung ingin bunuh diri karena orang yang dia sayangi telah meninggal dunia. Tetapi dia tak berhasil membunug dirinya sendiri. Karena dia seorang prajurit dia pun selalu menerima ditugaskan turun berperang dan berharap bisa mati dan menyusul kekasihnya.

Tetapi usahanya tidak berhasil melainkan dia diangkat menjadi letnan.
Sepuluh tahun setelah peristiwa Samsu bunuh diri pasca-kematian Nurbaya, Meringgih memimpin suatu revolusi melawan Pemerintah Hindia Belanda sebagai protes atas kenaikan pajak.

Samsu ditugaskan ke Padang untuk menumpas Meringgi. Dalam peperangan ini, Samsu menemukan dan membunuh Meringgih, tetapi dia sendiri terluka berat. Setelah bertemu dengan ayahnya dan memohon maaf dan diapun meninggal.

Kuburan Siti Nurbaya terletak di ranah minang bertempat di gunung Padang. Gunung Padang merupakan tempat Siti Nurbaya pertama kali bertemu dengan kekasihnya Samsul Bahri. Selain itu, marah Rusli juga menyebutkan bahwa Gunung Padang merupakan tempat pemakaman Siti

Nurbaya yang harus mati muda karena telah diracun oleh Datuk Maringgih. Makam ini, dipercayai sebagai tempat peristirahatan abadi Siti Nurbaya. Di makam ini,  wisatawan atau teman-teman diajak mengenang kisah tragis gadis Minang yang dijodoh paksa dengan Datuk Maringgih ini.


• Wisata Kuliner
Wisatawan yang datang ke tempat ini juga bisa menikmati wisata kuliner, karena samping kanan kiri jembatan, terdapat berbagai macam penjual makanan dan minuman. Mulai dari makanan ringan berupa pisang atau jagung bakar hingga sate padang.
Tidak hanya itu,dibawah jembatan Siti Nurbaya pun terdapat pusat oleh-oleh terkenal yaitu keripik balado Kristin Hakim dan juga kios oleh- lainnya yang bertebaran disana.

• Pemandangan
Waktu yang paling cocok untuk mengunjungi lokasi wisata ini adalah pada waktu menjelang matahari terbenam, karena Anda dapat menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam dari jembatan Siti Nurbaya tersebut. Dari jembatan ini, para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan lansekap kawasan Padang kota lamo.

Cerita ini menjadi legenda di masyarakat sumatra barat dan indonesia. Bagi sahabat travel  yang ingin berkunjung ke makam siti nurbaya ini sahabat dapat menghubungi Pt Duta Pesona Wisata. Yang akan mengantar sahabat travel ke lokasi yang lagi trand di sumbar.

10. Apr, 2021

Kota Padang memiliki spot wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi salah satunya kota tua dipadang yang juga merupakan kampung cina.Kampung cina berada di jalan hilingoo,jalan pondok dan jalan niaga.

Disepanjang perjalanan kita dapat melihat rumah milik keturunan tionghoa yang dibangun pada awal abad lalu.Rumah yng seperti ruko itu dulunya digunakan untuk berdagang.Adapun barang yang dijual seperti obat-obatan,elektronik,peralatan tulis dan makanan khas minangkabau.

Didaerah kampung tua ini memiliki klenteng tua dan baru,salah satu nya klenteng shien hin kiong sekaligus klenteng tertua yang ada di kota padang yang diperkirakan dibangun pada abad ke-19 lalu dipergunakan sebagai tempat beribadah orang tiongkok.

Klenteng ini menjadi tempat favorit wisatawan karena seperti berada di hongkong saat berfoto/bersegi di klenteng tersebut.Bangunan klenteng ini merupakan arsitektur khas budaya tiongkok yang berupa bangunan megah besar dan patung singa besar berwarna emas kecoklatanDahulu kalanya sebagian bangunan tua ini sempat runtuh akibat gempa pada 2009 silam,disini banyak peninggalan sejarah kejayaan pada masa kolonial belanda.Tak hanya hari libur pada hari biasa lebih tepatnya pada sore hari tempat ini bnyk dikunjungi oleh warga kota padang maupun luar kota padang.

Lokasi ini menjadi favorit untuk melakukan foto prewedding.Disaat perayaan tahun batu cina kawasan ini akan sangat ramai dikunjungi sekedar melihat barongsai,arak kio,pawai sipasan dan atraksi tiongkok lainnya.Ketika kita sudah berada dikawasan ini kita semua seolah olah semua menjadi bersaudara,saling menghormati,dan saling menghargai.

Islam,Kristen,Hindu,Budha,King hu cu melebur menjadi satu.Pada malam hari kampung cina ini sangat indah dilihat dengan lampu yang menghiasi sekitar klenteng tersebut Apabila sudah puas dengan suasana di kampung cina ini kita bisa menikmati kuliner yang berada disekitar seperti kopi tuan,es durian,skotang,martabak mesir,mie aceh,sate daguang-danguang dan kafe-kafe nongkrong untuk para anak muda  dan masi bnyak kuliner yang ada dikawasan kampung cina ini.

10. Apr, 2021

Hai sahabat travel. Uda tau belum jajanan tradisional yang harus sahabat travel cobain, di antaranya sebagai berikut


1.Pinyaram

Pinyaram mirip dengan kue cucur khas Betawi namun pinyaram ini yang ada di Sumatra barat. Apalagi kita berkunjung ke Sumatra barat kita wajib mampir ke Tiakar,kayu tanam, Payakumbuh.disana kita dengan dengan mudah menemukan jajanan ini,pinyaram

2.Sala lauak

Sala  Lauak siapa yang gk kenal makanan tersebut Gorengan khas Pariaman,kita dapat menjumpai makanan tersebut disekitar pasar tradisional Pariaman,
Makanan ini berbentuk seperti bola-bola kecil dan berwarna kuning yang berasal dari kunyit tesktur nya lembek didalam diluar renyah.

3.kue sapik

Kue sapik ini biasannya dikenal dengan kue semprong namun di Sumatra barat sering dikenal dengan kue sapik, Kue ini terbuat dari tepung beras,gula pasir,santan,telur dan bubuk kayu manis kemudian adonan dicampur dan langsung dicetak di cetakan khusus lalu dipanggang.

4.lamang tapai

Lamang Tapai jajanan khas Sumatera barat lamang tapi adalah primadona disetiap acara berbuka lebaran mendoa masyarakat Sumatera barat.sesuai namanya kue ini terbuat dari lamang dan tapai,lamang merupakan lamang yang dicampur dengan santan lalu dimasukan kedalam bambu muda dan dibungkus daun pisang lalu dibakar.

5.rakik Maco

Rakik Maco atau lebih dikenal dengan peyek Macomerupakan jajanan khas Sumatera barat,rakik sendiri terbuat dari campuran tepung beras,telur ikan maco,cabai,kunyit dan daun ketumbar dan digoreng seperti rempeyek.jajanan ini dapat kita temui disekitaran pinggir pantai Padang maupun pantai Pariaman,rakik Maco yang renyah dan gurih menjadi cemilan favorit ketika berlibur ke pantai Sumatra barat.


6.Pensi

Pensi siapa yang gk kenal dengan makanan yang sering kita jumpai pada masa kecil penai memiliki sumber protein yang tinggi.pensi adalah makanan yang terbuat dari kerang air tawar yang diolah dan kurang kerang nya kecil-kecil pensi merupakan kuliner khas Sumatera barat cara pembuatan nya dengan bahan santain,cabai dan bumbu bawang putih,bawang merah,kunyit.cemilan ini adalah salah satu penarik pengunjung untuk datang ke danau terutama danau Maninjau.rasanya yang unik sedikit pedas dengan rasa bumbu yang meresap membuat pensi terasa lebih gurih.

7.Es tebak

Es Tebak dingin dan seger mampu menjadi hidangan penutup paling menyegarkan.tebak sendiri terbuat dari tepung beras yang dicetak dalam cetakan cendol,namun memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna putih.mirip seperti serutan kelapa,sedangkan untuk campuran dari es tebak biasanya seperti alpukat,cincau hitam dan potongan agara- agar.
Es tebak awal nya berasal dari daerah Payakumbuh. Namun saat ini es tebak menyebar bangkah sampai ke kota solok, Pekanbaru,medan dan kota lainya.
Untuk menikmati sensasi es tebak sendiri dibandrol dengan 10.000sampai15.000 cukup murah bukan? Jangan sampai tidak mencoba ketika berkunjung ke Sumatra barat

Untuk semua jajanan di atas sahabat tidak perlu merogoh kocek mahal hanya dengan 10K-20k sahabat sudah mendapat 2-3 jenis jajanan di atas. Yuk berkunjung ke kota rendang bersama biro perjalanan yang sudah jelas punya legalitas di sumatra barat PT. Duta Pesona Wisata