INFORMASI DESTINASI WISATA DI SUMATERA BARAT

30. Agt, 2022

Fenomena citayam fashion week membangkitkan tren serupa di berbagai daerah di Indonesia.setelah muncul istilah jurig fashion week di bandung jawa barat,kini tren serupa mulai berhembus ke wilayah sumatera barat.di tanah sumatera barat tepatnya di bukittingg,muncul trend yang viral di media social di sebut Jam Gadang Fashion Week yang di singkat dengan JGFW.

Disini tampak para pemuda – pemudi menggunakan busana adat sumatera barat.para gadis minang memakai pakaian adat dengan beragam warna yang di padukan dengan lambak atau sarung.tidak lupa hiasan selempang yang menjadi cirri khas baju adat wanita minangkabau,dan yang ikonik adalah tingkuluak,penutup kepala yang menyerupai tanduk.

Jam gadang fashion week ini hamper sama dengan citayam fashion week karena pemuda-pemudi berjalan di zebra cros,tapi yang uniknya dari jam gadang fashion week adalah memperkenalkan baju adat minangkabau dengan latar belakang jam gadang.

Jam gadang fashion week akan di gelar setiap akhir pekan di bukittinggi,bagi kalian yang ingin menyaksikan jam gadang fashion week maka datanglah ke bukittinggi pada akhir pekan.selain itu kalian juga bisa menikmati keindahan kota bukittinggi dan berbelanja di pasar atas bukittinggi.

18. Agt, 2022

Bandara internasional minangkabau yang di singkat dengan BIM atau dalam bahasa inggris minangkabau international airport adalah bandara bertaraf internasional utama di provinsi sumatera barat yang melayani penerbangan untuk wilayah palapa.bandara ini berjarak sekitar 23 km dari pusat kota padang  dan terletak di wilayah ketaping,kecamatan batang anai,kabupaten padang pariaman,sumatera barat.

Bandara internasional  minangkabau mulai di bangun pada tahun 2002 dan di operasikan secara penuh pada 22 juli 2005 menggantikan Bandar udara tabing.BIM merupakan bandara satu – satunya di dunia yang memakai nama etnis.pada tahun 2006 Bandar udara ini di tetapkan sebagai tempat embarkasi dan debarkasi haji untuk wilayah provinsi sumatera barat,Bengkulu dan sebagian jambi.sebelumnya BIM hanya di buka hingga pukul 21.00 WIB,tapi pada tanggal 1 januari 2012 jam operasional BIM di perpanjang hingga pulul 00.00 oleh PT Angkasa Pura II.

Maskapai utama pada Bandar udara ini yaitu CITILINK,GARUDA INDONESIA Dan LION AIR.

Pembangunan

Bandar Udara Internasional Minangkabau dibangun sebagai pengganti Bandar Udara Tabing yang sudah tidak lagi memenuhi persyaratan dari segi keselamatan penerbangan setelah 34 tahun lamanya digunakan. Pembangunan bandara ini mulai dilakukan pada tahun 2001 dengan menghabiskan biaya sekitar 9,4 miliar Yen, dengan 10% di antaranya (sekitar 97,6 miliar Rupiah) merupakan pinjaman lunak dari Japan Bank International Coorporation (JICB). Konstruksinya melibatkan kontraktor Shimizu dan Marubeni J.O. dari Jepang, dan Adhi Karya dari Indonesia.

Bandar Udara Internasional Minangkabau berdiri di atas tanah seluas 4,27 km² dengan landasan pacu sepanjang 3.000 meter dengan lebar 45 meter. Penerbangan domestik dan internasional dilayani oleh terminal seluas 20.568 m², yang berkapasitas sekitar 2,3 juta penumpang setiap tahunnya. Pada tahun 2017, bandara ini akan diperluas dua tahap hingga mencapai 49.000 m². Dengan pengembangan itu nantinya akan bisa menampung sekitar 5,9 juta penumpang per tahun.

Bandar udara ini adalah bandara kedua di Indonesia setelah Soekarno-Hatta yang pembangunannya dilakukan dari awal. Rencana induk pembangunan bandara ini dilakukan dalam tiga tahap, tahap keduanya dimulai pada tahun 2010. Setelah semua tahap selesai pengerjaannya, panjang landasan bandara ini akan diperpanjang menjadi 3.600 meter, yang juga dilengkapi dengan landasan penghubung (taxiway) paralel di sepanjang landasan.

Transfortasi darat

Bandar Udara Internasional Minangkabau dapat diakses baik menggunakan kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum seperti bus dan taksi yang beroperasi setiap hari dari Kota Padang dan kota-kota lain di sekitarnya. Selama tahun 2015, jumlah penumpang di bandara ini telah mencapai 3,1 juta penumpang.Sejalan dengan perkembangan bandara, pemerintah daerah telah membangun jalan layang di perempatan jalan masuk menuju bandara, yang disusul dengan pelebaran ruas jalan Tabing—Duku sepanjang 10 km yang merupakan bagian dari ruas jalan Padang—Bukittingg.

Maskapai dan tujuan

Sejumlah penerbangan yang dilayani bandara ini sama seperti bandara sebelumnya, yaitu Bandar Udara Tabing. Untuk penerbangan domestik, antara lain dengan JakartaSurabayaBatamMedanBengkuluSungaipenuhSiporaYogyakartaPalembangPekanbaruJambiGunung SitoliSurabaya, dan Bandung. Sementara untuk penerbangan internasional yaitu dengan Kuala Lumpur. Bandar Udara Internasional Minangkabau dapat menampung Pesawat Airbus A300Airbus A319Airbus A320Airbus A320neoAirbus A330Airbus A330neoAirbus A340Airbus A350ATR 72Boeing 747Boeing 777Boeing 787 Dreamliner, dan McDonnell Douglas MD-11. Kelengkapan fasilitas yang jauh berbeda dengan Bandar Udara Tabing, terbukti menggairahkan aktivitas penerbangan di bandara ini. Hingga saat ini tercatat sebanyak lima maskapai penerbangan nasional dan satu maskapai penerbangan asing yang telah beroperasi di bandara ini, antara lain adalah sebagai berikut.

Penerbangan ke Singapura yang dilayani oleh Tigerair Mandala ditutup setelah beberapa bulan beroperasi karena rendahnya tingkat isian penumpang.

 

13. Agt, 2022

sijunjung adalah kabupaten yang ada di sumatera barat,kabuapten dengan julukan lansek manih ini memiliki ragam destinasi wisata,dan juga sempat di juluki sebagai geopak silokek pada tahun 2019.bukan Cuma itu,sijunjung juga memiliki ragam budaya,adat – istiadat,bahkan kuliner.sebenarnya banyak ragam kuliner yang ada di sijunjung,tapi kali ini kita akan membahas tentang “kacau asam lele”.bagi yang baru mendengar mungkin sedikit bingung apa itu “kacau asam lele”?

kacau asam lele adalah suatu masakan dimana cara masaknya sedikit unik,bagaimana bisa unik?,karena masakan ini dimasak dengan durian yang telah keluar gasnya,atau durian yang sudah lama.kemudian ikan lele di aduk dengan air yang telah di campur dengan bumbu rempah – rempah seperti cabe rawit,jahe,kunyit,bawang merah,bawang putih,garam dan penyedap.kacau asam lele ini paling di nikmat di makan dengan sayur  daun singkong dan nasi hangat.

Selain itu,sijunjung juga banyak kuliner lain seperti rendang belalang,rendang daun singkong,sambal lado petai[sambal lado ini,petainya tidak di gorong melainkan di bakar],bukan Cuma itu saja,di sijunjung juga ada makanan pencuci mulut atau oleh – oleh apabila kalian berkunjung ke sijunjung,seperti,lemang ubi,lemang ketan,wajik[ketan yang di masak dengan gula merah],gelamai,madu khas hutan paru,kue talam,dan masih banyak lagi,selain makanan,oleh-oleh lain yang wajib kalian beli kalau ke sijunjung adalah kain tenun unggan dan batik ceta bacorak.

11. Agt, 2022

Sijunjung tidak hanya kaya akan destinasi wisatanya.tetapi sijunjung juga kaya akan tradisi adatnya,salah satunya yaitu tradisi bakaua adat.bakaua adat adalah tradisi untuk menentukan waktu turun kesawah[masa tanam]secara serentak.sekaligus wujud syukur kepada allah SWT. Atas hasil panen yang telah di berikan.

Selain mensyukuri nikmat di sertai berdoa atas rezeki yang telah di berikan,kegiatan bakaua adat juga untuk menjalin silaturahmi dan kekompakan masyarakat tani dalam menggarap pertanian khususnya sawah.

Bakaua adat di hadiri oleh ninik mamak,alim ulama,cadiak pandai,tokoh masyarakat,bundo kanduang,pemuda-pemudi,warga,dan anak-anak.pakaian yang di pakai pada acara ini yaitu untuk laki-laki baju adat warna hitam dengan keris yang di selipkan di pinggangnya,dan untuk bundo kadung memakai baju kurung basibak warna hitam dengan selendang.

Bakaua adat biasanya di gelar pada hari senin setiap sudah musim panen,dan dua hari sebelumnya di adakan acara malamang[ketan dengan santan yang di masak dalam bambu dengan cara di bakar]dan apda malamnya akan di adakan acara pertunjunkan randai dan shalawat dulang.pada hari minggunya akan di adakan acara penyembelihan kerbau dan dagingnya akan di bagikan kepada ninik mamak dan warga.

Pada saat hari senin,beberapa makanan seperti lemang,rendang,gulai cubadak,amping dan makanan lain seperti kue khas minangkabau akan di bawa ke lokasi bakaua adat yaitu “tobek godang”[lapangan besar] yang di letakkan dalam jamba[dulang] yang nantinya akan di makan bersama-sama yang di sebut dengan [makan bajamba],tetapi kaum laki-laki akan makan terlebih dahulu setelah selesai baru di lanjutkan dengan kaum perempuan.acara ini berjalan berinringan menuju tobek godang dengan di iringi dengan music talempong.

 

5. Agt, 2022

“Destinasi wisata yang ada di sijunjung”  

Kabupaten sijunjung terletak di provinsi sumatera barat.Sijunjung terdiri dari 8 kecamatan,61 nagari dan 1 desa.pada tahun 2019 sijunjung pernah di juluki sebagai desa wisata,atau lebih tepatnya di sebut sebagai geopark silokek.kenapa sijunjung di juluki dengan desa wisata?,,karena di sijunjung banyak objek wisata yang wajib di kunjungi,salah satunya yaitu lubuk pandakian.

Apasih ke istimewaan lubuk pandakian?

Lubuk pandakian adalah destinasi wisata yang ada di nagari sumpur kudus,kecamatan sumpur kudus,kabupaten sijunjung,provinsi sumatera barat.

Di lubuk pandakian terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 15,5 M dan lebarnya sekitar 5 M.keistimewaan dari lubuk pandakian yaitu di atas air terjun tersebut terdapat batu yang menggantung.kejernihan air terjun lubuk pandakian tidak usah di ragukan lagi,saking jernihnya pasirnya sampai kelihatan.banyak sekali pengunjung yang mengira bahwa airnya dangkal,ternyata tidak,karena kedalamannya mencapai 10 M.

Hutan di sekitar lubuk pandakian sangatlah asri,disana kita akan merasakan sejuknya udara pegunungan,kicauan burung –burung,air terjun yang sangat jernih,dan masih banyak lagi yang akan kita temukan.

Bagaimana sih perjalanan ke lubuk pandakian?

Perjalanan ke lubuk pandakian adalah kita kan mendaki dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari KEM[yaitu jalan yang akan kita lewati sebelum ke air terjun,di sana terdapat kolam berenang,wc,tempat belanja yang akan di bawa ke lubuk pandakian,dan lain-lain].jalannya sedikit terjal karena banyak batu-batu yang licin dan berlumut.jadi pengunjung di sarankan untuk memakai sepatu/sandal yang di khususkan untuk mendaki.

Bagaimana? Penasaran kan? Seperti apa sih rasanya?

Yok… kunjungi.tunggu apalagi!!!!

Pemerintah setempat mengharapkan wisata yang ada di sijunjung dikenal oleh orang luar.sehingga pemerintah sudah mengupload di media social wisata-wisata yang ada di sijunjung,termasuk lubuk pandakian.