11. Mar, 2021

Kawasan Wisata Teluk Mandeh, Legenda Surga yang tersembunyi

KAWASAN WISATA TELUK MANDEH, LEGENDA SURGA YANG TERSEMBUNYI


Kawasan wisata teluk Mandeh, Sejak di resmikan oleh bapak jokowi sebagai  kawasan wisata terpadu nasional secara signifikan menjadi populer bagi wisatawan nusantara.Pemandangan laut yang indah, taman lautnya yang masih terjaga dan asri, membuat siapapun yang sudah pernah kembali ke mandeh ingin datang kembali karena tidak pernah puas menikmati keindahan nya.


Banyak versi tentang asal usul kampung Mande,  Banyak Legenda yang diceritakan secara turun temurun, salah satu versinya  Adalah Bahwa  Mande merupakan  keturunan Bundo  kanduang dari  Pagaruyung yang menemukan Teluk indah ini pada saat melarikan diri karena Konflik internal.

Demikian menurut salah satu tulisan dari Bapak DR. Harfiandri   Damanhuri dari Universitas Bang hatta. Dalam tulisan tentang asal usul teluk Mandeh ini Beliau Menjelaskan Bahwa ada benang merah antara Istana  Pagaruyung, Kerajaan Indera Pura di Lunang  dan Kampung Mandeh di  Taruran.


Setelah melarikan diri dari pagaruyung Bundo kanduang mengganti nama jadi Mande, yang arti nya sama yaitu ibu, Tujuannya supaya tidak dikenali okeh Pihak Istana Pagaruyung, kemudian menetap dan bersembunyi,  sebuah tempat yang sangat indah yang jauh dari dataran , pulau terpencil di balik sebuah gunung.mempunyai air laut bening laksana kaca, hutan yang masih Asri, di sananya mandeh menetap. Membangun peradaban, menjadi pemimpin dan tauladan . Dan membangun kampung itu menjadi kampung mande sekarang.

Setelah itu kemudian Mandeh melakukan ekspansi ke daerah lunang si laut dengan berlayar kearah selatan. Di lunang si Laut, menetapkan kembali dan membangun sebuah rumah gadang untuk keberadaan dan identitas baru, yang sampai saat ini dinamakan rumah gadang mandeh rubiah. Rumah adat minangkabau  dengan struktur dan arsitektur model rumah rantau.

Dari beberapa informasi  dan beberapa penelitian ini dapat kita simpulkan bahwa Mandeh merupakan keturunan dari istana pagaruyung, dan menetap sementara di teluk Mandeh dan menjadikan Lunang silaut. Tempat terakhir  pelarian mandeh.
 
Sebuah legenda tentu tidak bisa di jadikan ukuran kebenaran  dan menjadikan ini cerita sejarah yang pasti.Namun bisa menjadi referensi bagi tour guide untuk memberikan informasi kepada wisatawan tentang Sejarah teluk Mandeh.