5. Apr, 2021

Sala lauak pariaman, Renyah di luar, lembut di dalam

Sala lauak, Renyah di luar, lembut di dalam

Sala lauak, Jajanan khas  Pariaman yang bikin Ketagihan

Tahukah Kamu bahwa Bandara Internasional Minangkabau itu terletak di Kabupaten Pariaman,Sumatera Barat ??

Banyak yang tidak tahu Bahwa bandara internasional Minangkabau ( BIM ) di Sumatera Barat   termasuk kepada Kabupaten Padang pariaman, hal tersebut karena jarak  dari bandara ke  kota Padang hanya berkisar 20 menit,sedangkan ke pusat kota Pariamannya adalah sekitar 1 jam, oleh karena itu banyak yang berpikir  Bandara Internasional Minangkabau terletak di Kota Padang.Sebagai Kabupaten tetangga kotamadya Padang,Pariaman mempunyai banyak keistimewaan.

Salah satu keistimewaannya adalah kota Pariaman berbatasan langsung dengan Samudera Hindia,Sama halnya dengan Kota Padang, sehingga Sumber penghasilan rakyatnya adalah Nelayan dan UMKM Wiraswasta yang bergerak di bidang pariwisata,dengan demikian  Sumber penghasilan masyarakat pariaman adalah memanfaatkan sumber daya alam dari laut,  Terutama sekali pengolahan Sumber Daya Ikan.

Tak terhitung banyaknya  resep masakan tentang pengolahan Ikan laut,namun Jajanan khas pariaman Sala Lauak ini mempunyai daya tarik yang kuat untuk alasan wisatawan berkunjung ke kota Pariaman, disamping daya tarik tentang pantai- pantainya seperti Pantai Gondoriah, Pantai Kata, Pantai Tiram, Pantai Arta, Pantai Cermin, serta wisata baharinya yang indah pulau-pulau kecil di sekitar pantai-pantai Pariaman,seperti Pulau Angso Duo, dan Pulau Pieh dengan konservasi penyunya.

Sala lauak , Jajanan atau makanan kecil ini sedikit banyak sudah membantu memajukan pariwisata Pariaman, karena secara tidak langsung sudah menjadi Icon Pariaman dengan brand image sala lauak pariaman. Para wisatawan Setiap Ingat Sala lauak ingat Pariaman.

Untuk mendapatkan bahan pembuatannya tidak susah, Sala Lauak ini  terbuat dari campuran Tepung Beras,Air Mineral, Ikan Asin atau Teri. Bumbu dapur( bawang merah,bawang putih, kunyit, lengkuas,Cabe rawit, Daun Kunyit yang di iris halus.di campur dan di buat bola-bola kecil.Namun untuk memasak  Sala lauak ini gampang- gampang susah, karena apabila tidak memahami bagaimana trik  pembuatkannya, sering mengalami ke gagalan, pada saat di goreng akan pecah. Karena sebab itu Sala lauak lebih aman untuk di beli kepada ahlinya di sepanjang pantai- pantai di destinasi wisata di pariaman atau di warung-warung sarapan pagi di kota padang.harganya sangat murah, Kisaran Rp.500 – Rp.1.500 perbuah, namun sekali makan tidak cukup sekali, apalagi sala lauaknya berasa ikannya,lebih enak membuat kita kadang lupa sudah makan berapa buah.

Sala lauak juga sangat cocok sebagai teman makan Lontong Sayur di pagi hari, oleh  karena itu sangat mudah kita temukan di warung sarapan pagi, namun karena banyaknya peminatnya, sering habis kalau datangnya sudah kesiangan, Sala lauak juga sering dijadikan welcome snack untuk menyambut wisatawan yang baru datang sebagai makanan ringan sepanjang perjalanan wisata, tak jarang wisatawan menjadikan sala lauak sebagai oleh- oleh untuk dibawa kembali ke daerah asal.saat ini Inovasi baru tentang pengolahan sala lauak agar bisa di bawa wisatawan dengan mudah dan bisa bertahan lama adalah sala lauak yang sudah dicarikan krupuk sala lauak dengan bumbu yang sama dan pengolahan yang sedikit berbeda.

Ayo berwisata ke Pariaman, menikmati  sepiring Sala lauak dan Segarnya kelapa muda dipinggir pantai yang rindang diantara pohon-pohon Cemara yang indah, sambil menunggu Sunset yang sempurna tenggelam dalam laut Samudera Hindia.  Selalu ada cerita berbeda tentang keindahan Sumatera Barat yang tidak bisa di lupakan, Beda kabupaten Beda Keindahan, beda Juga daya Tarik kuliner dan Kebudayaannya.