5. Apr, 2021

Sirandah Island

PULAU SIRANDAH

Pulau Sirandah merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung, berada disebelah barat Pulau Sikuai dengan waktu tempuh 22 menit dari Sungai Pisang.Pulau Sirandah terletak pada Koordinat 01o 07’ 20” LS dan 100o 20’ 27” BT. Kata Sirandah itu sendiri memiliki arti rendah.

Kondisi umum Pulau Sirandah merupakan pulau yang tidak berbukit dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi beberapa jenis pohon seperti kelapa, semak, dan bakau, pulau ini tidak berpenduduk.

Asal usul dinamakan Pulau Sirandah adalah karena memang pesisir pantai yang mengelilingi pulau ini sangat landai. Terlebih dibandingkan dengan pulau lain disekitarnya, lanskap pulau ini lebih rendah. Berita dari masyarakat setempat, dahulunya Pulau ini sering dijadikan persinggahan bagi kapal kapal yang ingin berangkat mencari ikan ke laut.

Terletak di sebelah barat Pulau Sikuai , sebagai pulau yang masih perawan pulau ini sudah mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Pulau ini menawarkan Pasir Putih dan Air yang Jernih, Keanakeragaman biota bawah laut di Pulau ini juga sangat cocok untuk aktivitas Snorkeling dan Diving.

Bahkan karena berada di bagian terluar di antara pulau-pulau lain pulau ini juga sering disinggahi hiu-hiu mungil tropis.

Selain Itu, Uniknya dibelakang Pulau Sirandah terdapat pulau kecil yang menyerupai Penyu alias Kura-Kura. Berbagai fasilitas terus dilengkapi di Pulau ini, mulai dari penginapan dan juga Waterboom Laut.

PAKET SIRANDAH

 

  • Penampakan Pulau Penyu

  • Dermaga Sirandah

  • Penginapan Type Kayu

  • Penginapan warna warni

  • penginapan tampak dalam type warna warni

  • penginapan tampak dalam type kayu

PAKET TOUR PULAU SIRANDAH

Anda mungkin belum begitu familiar dengan  Sirandah. Ini adalah salah satu  yang berlokasi di daerah  Barat dan diklaim memiliki  dan pemandangan laut yang mengagumkan, yang disebut-sebut setara dengan Maladewa. Dengan semakin banyaknya turis yang datang ke sini, di Pulau Sirandah juga telah berdiri penginapan berupa cottage di pinggir pantai.

Lokasi Pulau Sirandah

Pulau Sirandah merupakan sebuah pulau kecil yang berada di samping Pulau Sikuai. Pulau ini berjarak sekitar 60 km dari Bandara Internasional Minangkabau, atau memakan waktu dua jam berkendara berangkat dari Kota Padang. Merupakan salah satu wisata baru di Padang, pulau dengan luas sekitar 10 hektar ini diproyeksikan menjadi salah satu destinasi unggulan bagi traveler dalam dan luar negeri.

Untuk menuju Pulau Sirandah, wisatawan perlu menumpang kapal atau speedboat. Setidaknya, ada tiga titik keberangkatan yang bisa digunakan untuk menyeberang ke pulau ini. Titik pertama adalah dari Muara Padang, dekat Jembatan Siti Nurbaya. Jika berangkat dari lokasi ini, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan speedboat.

Alternatif lokasi keberangkatan berikutnya adalah dari Pantai Bungus, yang bisa dicapai dengan mobil atau sepeda motor pribadi melalui jalan aspal berjarak kurang lebih 15 km dari Kota Padang. Setibanya di Pantai Bungus, Anda bisa memarkir kendaraan di lokasi yang telah disediakan, lalu menumpang speedboat dengan durasi waktu sekitar 1 jam untuk menyeberang ke Pulau Sirandah.

Opsi selanjutnya adalah dari tempat berkumpul di Desa Pantai Sungai Pisang, berjarak sekitar 7 km ke arah selatan dari Pantai Bungus. Jalan yang ditempuh kendaraan untuk menuju desa tersebut sudah cukup baik, namun belum bisa dilalui bus besar. Setibanya di Pantai Sungai Pisang, Anda bisa memarkir kendaraan di sana, dan perjalanan ke Pulau Sirandah dilanjutkan dengan perahu boat kurang lebih sekitar 30 menit.

Selain keindahan di permukaan, Pulau Sirandah ternyata juga menyimpan potensi bawah laut yang keren. Pulau ini dikatakan sangat cocok bagi traveler yang gemar diving atau snorkeling. Biota laut dan pesona terumbu karang di Pulau Sirandah menjadi salah satu daya tarik unggulan bagi para pelancong, sehingga semakin hari semakin dilirik oleh wisatawan.

Untuk menarik lebih banyak turis, Pulau Sirandah juga telah dilengkapi dengan sejumlah  memadai, salah satunya penginapan. Di pulau ini, wisatawan tidak perlu khawatir akan menginap di mana, karena sudah ada banyak  penginapan yang bisa dijadikan lokasi bermalam. Traveler bisa memilih beristirahat di penginapan model cottage, akomodasi khusus , atau bermalam di tenda.

Melayani Paket Nginap dan Paket Camping di Sirandah

1. Paket Camping

Dan pulau ini juga sering dijadikan tempat kemping wisatawan. Ketika malam tiba, dari pulau ini bisa memandangi kelap-kelip Pelabuhan Teluk Bayur, ataupun lampu-lampu kapal nelayan yang lalu lalang.

Pulau Sirandah dapat ditempuh sekitar 1 jam menggunakan kapal motor dari Pantai Sekitaran perkampungan Bungus, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Bagi Anda pemburu keindahan bahari, sangat direkomendasikan mengunjungi pulau ini.

2. Paket Menginap di type kamar kayu ( cottage ) dan type kamar warna warni