8. Apr, 2021

Rumah Gadang Mandeh Rubiah

Rumah Gadang mandeh rubiah bisa dikatakan sebagai istana kerjaan pagaruyuang yang terletak dikampung lubuk sitepung,lunang,kecamatan lunang silaut,kabupaten pesisir selatan,sumatra barat.

Disana banyak terkumpul barang-barang peninggalan sejarah sebanyak 213 buah seperti naskah,senjata tajam,alat upacara adat,alat dapur dan alat upacara agama,telur burung garuda,senjata api,piring porselin,tongkat,lampu.

Bangunan Rumah Gadang Mande Rubiah diperkirakan sudah ada sejak abad 14 hingga 15 Masehi. Karena memiliki nilai sejarah yang berharga, pihak pemerintah membuka Rumah Gadang Lunang Sebagai Museum dan tempat wisata.

Bangunan rumah kental dengan corak pesisir bagian bangunan yang asli sebenarnya hanya bagian depannya saja. Bentuk lantainya berupa lantai panggung yang memiliki ketinggian 1,6 m dari permukaan tanah.tiang utama terdiri dari 8 buah yang berbentuk silinder dan ada beberapa benda penting yang berhubungan dengan sejarah Minangkabau dan masyarakat Lunang.

Awal sejarah berdirinya museum adalah hijrahnya Bundo Kanduang berserta keluarganya serta pengikutnya sekitar tahun 1520 M dari Pagaruyung ke Lunang. Ratusan tahun lamanya keberadaan rumah dan penghuninya ini sengaja disembunyikan untuk memegang amanah yang mereka terima dan harus dirahasiakan secara turun temurun.

sekitar tahun 70an mulai menyebar berita bahwa di Lunang masih ada keturunan dari Kerajaan Pagaruyung disertai dengan peninggalan kerajaan serta makam Bundo Kanduang, dan Tuanku, Puti Bungsu, Cindua Mato dan pengikutnya.

Setelah beberapa lama pendekatan oleh pemerintah terkait dengan pihak keluarga Mande Rubiah,maka pada tanggal 8 - 15 Maret 1980 diresmikan Rumah Gadang Mandeh Rubiah sebagai Museum dan dilaksanakannya pameran benda peninggalan sejarah Mande Rubiah. Museum ini dikelola oleh Yayasan Museum Mande Rubiah melalui Bupati Pesisir Selatan dan dibawah pembinaan Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Pesisir Selatan.

Sekarang Museum Mande Rubiah merupakan 10 museum Lokal di Sumatera Barat. Museum Mande Rubiah dan komplek sejarah Mande Rubiah tercatat sebagai situs Cagar Budaya dan telah menjadi objek pengembangan wisata sejarah,budaya di Kabupaten Pesisir Selatan yang tertuang kedalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2010-2030.Istana mandeh rubiah ini di kunjungi lebih dari 13.000 pengunjung disetiap tahunnya.