9. Apr, 2021

Kain Batik Dengan Pewarna Kulit Jengkol. Batik Lumpo Khas Pesisir Selatan SUMBAR

Batik Lumpo merupakan batik berasal dari provinsi sumatera barat tepatnya di parsel.
Pemerintah pusat berusaha mengembangkan batik Lumpo agar dikenal nasional dan internasional,Namanya diperkenalkan sebagai batik lumpo.

Batik Lumpo memiliki ciri khas pewarnaan alaminya seperti kulit rambutan,jengkol,gambir.
Kampung Batik di Lumpo melibatkan beberapa Kenagarian yang ada di Lumpo diantaranya Kenagarian Limau Gadang, Kenagarian Balai Senayan, Kenagarian.

Batik Tulis Lumpo mempunyai corak, terdiri dari  batik tulis dan cap.Batik ini merupakan ciri khas dari  Kabupaten Pessel, nagari sekitar, sebanyak 25 rumah di Nagari,desa adat yang merupakan lokasi pembuatan akan dicat.

Presiden Jokowi memberikan penghargaan Upakarti Tahun 2020 kepada Novia Founder Batik Lumpo khas Pesisir Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Hadi Susilo juga mengapresiasi prestasi yang diraih oleh salah satu pelopor ekonomi kreatif pesisir Selatan tersebut. Diketahui usaha Batik Lumpo Pesisir Selatan kini sudah semakin dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di Sumatra dan Jakarta karena kualitas sulaman bayangan yang menjadi andalan masyarakat Pessel.

Bupati Pesisir Selatan meminta setiap daerah menggali potensi yang ada di daerahnya, baik itu potensi alam maupun potensi budaya untuk meningkatkan pengembangan pariwisata setempat.
Ia mencontohkan setelah selama ini fokus mengembangkan kawasan wisata bahari Mandeh dan Pantai Carocok di Painan sebagai destinasi utama wisatawan ke daerah itu, kini pengembangannya juga difokuskan memperkenalkan Batik Lumpo khas Pesisir Selatan.

Camat dan walinagari pesisir selatan lebih maksimal menggali dan memetakan potensi sumber daya alam di daerahnya, dan potensi budaya serta kuliner yang bisa dijual untuk mengangkat kan pamor pariwisata Pesisir selatan.

Pemkab parsell, juga akan memfasilitasi pengembangan UMKM yang bergerak di bidang kerajinan maupun kuliner berbasis sumber daya lokal, dan disinergikan pengembangannya dengan pariwisata alam setempat.

Saya meyakini dengan semakin banyaknya potensi lokal yang bisa dipamerkan kepada wisatawan, tentu akan meningkatkan kunjungan ke daerah itu.
batik dan rencana itu mendapat dukungan dari PT Semen Padang dan juga Bank Nagari. Inilah komitmen badan usaha milik negara provinsi sumatera barat
Batik Loempo sebagai Usaha Kecil dan Menengah juga terdampak wabah virus corona pada penurunan produksinya.

Namun tak pelak dalam kondisi tersebut masih menyempatkan untuk berbagi kepada pengrajin batik dan juga masyarakat Lumpo sekitarnya. Lisda menjelaskan bahwa ada dampak sisi baik nya,yaitu meningkatkannya daya beli barang lokal.

Dari orderan sedikit itu saya masih bisa berbagi kepada warga sekitar berinisiatif membagikan sembako dan masker ini mengatasi masalah pengerajin masyarakat sekitar Lompo mewujudkan semangat berbagi.

Semoga corona nya cepat berakhir dan semua kegiatan dapat berjalan Lanjar seperti dulu lagi dan kami akan lebih semangat lagi memproduki Lumpo memperkenalkan batik Lumpo sampai ke luar negeri dengan begitu ekonomi warga daerah pesisir Selatan dapat normal dan sejah tera.