10. Apr, 2021

Kepoin 7 Jajanan Khas Minang Kabau

Hai sahabat travel. Uda tau belum jajanan tradisional yang harus sahabat travel cobain, di antaranya sebagai berikut


1.Pinyaram

Pinyaram mirip dengan kue cucur khas Betawi namun pinyaram ini yang ada di Sumatra barat. Apalagi kita berkunjung ke Sumatra barat kita wajib mampir ke Tiakar,kayu tanam, Payakumbuh.disana kita dengan dengan mudah menemukan jajanan ini,pinyaram

2.Sala lauak

Sala  Lauak siapa yang gk kenal makanan tersebut Gorengan khas Pariaman,kita dapat menjumpai makanan tersebut disekitar pasar tradisional Pariaman,
Makanan ini berbentuk seperti bola-bola kecil dan berwarna kuning yang berasal dari kunyit tesktur nya lembek didalam diluar renyah.

3.kue sapik

Kue sapik ini biasannya dikenal dengan kue semprong namun di Sumatra barat sering dikenal dengan kue sapik, Kue ini terbuat dari tepung beras,gula pasir,santan,telur dan bubuk kayu manis kemudian adonan dicampur dan langsung dicetak di cetakan khusus lalu dipanggang.

4.lamang tapai

Lamang Tapai jajanan khas Sumatera barat lamang tapi adalah primadona disetiap acara berbuka lebaran mendoa masyarakat Sumatera barat.sesuai namanya kue ini terbuat dari lamang dan tapai,lamang merupakan lamang yang dicampur dengan santan lalu dimasukan kedalam bambu muda dan dibungkus daun pisang lalu dibakar.

5.rakik Maco

Rakik Maco atau lebih dikenal dengan peyek Macomerupakan jajanan khas Sumatera barat,rakik sendiri terbuat dari campuran tepung beras,telur ikan maco,cabai,kunyit dan daun ketumbar dan digoreng seperti rempeyek.jajanan ini dapat kita temui disekitaran pinggir pantai Padang maupun pantai Pariaman,rakik Maco yang renyah dan gurih menjadi cemilan favorit ketika berlibur ke pantai Sumatra barat.


6.Pensi

Pensi siapa yang gk kenal dengan makanan yang sering kita jumpai pada masa kecil penai memiliki sumber protein yang tinggi.pensi adalah makanan yang terbuat dari kerang air tawar yang diolah dan kurang kerang nya kecil-kecil pensi merupakan kuliner khas Sumatera barat cara pembuatan nya dengan bahan santain,cabai dan bumbu bawang putih,bawang merah,kunyit.cemilan ini adalah salah satu penarik pengunjung untuk datang ke danau terutama danau Maninjau.rasanya yang unik sedikit pedas dengan rasa bumbu yang meresap membuat pensi terasa lebih gurih.

7.Es tebak

Es Tebak dingin dan seger mampu menjadi hidangan penutup paling menyegarkan.tebak sendiri terbuat dari tepung beras yang dicetak dalam cetakan cendol,namun memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna putih.mirip seperti serutan kelapa,sedangkan untuk campuran dari es tebak biasanya seperti alpukat,cincau hitam dan potongan agara- agar.
Es tebak awal nya berasal dari daerah Payakumbuh. Namun saat ini es tebak menyebar bangkah sampai ke kota solok, Pekanbaru,medan dan kota lainya.
Untuk menikmati sensasi es tebak sendiri dibandrol dengan 10.000sampai15.000 cukup murah bukan? Jangan sampai tidak mencoba ketika berkunjung ke Sumatra barat

Untuk semua jajanan di atas sahabat tidak perlu merogoh kocek mahal hanya dengan 10K-20k sahabat sudah mendapat 2-3 jenis jajanan di atas. Yuk berkunjung ke kota rendang bersama biro perjalanan yang sudah jelas punya legalitas di sumatra barat PT. Duta Pesona Wisata