13. Apr, 2021

Wisata Religi Makan Sang Legenda Siti Nurbaya

Hai sahabat travel, siapa yang gak kenal dengan cerita legenda siti nurbaya yang masih menjadi trand dikalangan anak muda sekarang karna apabila ada perjodohan pasti di sebut hidup di zaman siti nurbaya kaliii. 

Cerita ini terdapat beberapa fersi yang di akhir cerita sang siti nurbaya meninggal karna di racuni oleh sang datuk maringgi. Berikut cerita singkat sejarah siti nurbaya. 

Siti Nurbaya adalah seorang gadis yang berasal dari ranah minang. Cerita Siti Nurbaya ini menceritakan suatu kasih yang tak sampai. Siti Nurbaya dan Samsulbahri adalah dua orang remaja yang saling mencintai.

Samsul mengatakan bahwa dia mencintai Siti Nurbaya ketika ia hendak pergi ke batavia (sekarang di sebut jakarta) untuk melanjutkan pendidikannya.

Ayah Siti Nurbaya adalah seorang pembisnis yang kaya raya. Tetapi dalam usahanya tersebut seorang Datuak Maringgih iri dan menjatuhkan usahanya sampai Sulaiman harus berutang kepadanya.

Karena tak sanggup membayar hutang Datuak Maringgih pun memberikan dua pilihan kepada Sulaiman. Sulaiman harus memilih antara menyerahkan anaknya untuk dinikahi oleh Datuak Maringgih atau Sulaiman akan dijadikan tahanan.

Karena rasa sayang dan cinta kepada ayahnya, Siti Nurbaya pun menerima tawaran dari Datuak Maringgih dengan hati yang sangat sedih. Siti Nurbaya pun mengirimkan surat kepada kekasihnya dan mengatakan bahwa mereka tidak akan bisa bersama lagi karena dia akan menikah dengan Datuak Maringgih.

Samsul pun sangat bersedih dan menerimanya. Berjalannya waktu Siti Nurbaya pun melarikan diri ke Batavia menemui Samsul karena tidak tahan lagi dengan Datuak Maringgih dan ayahnya pun sudah meninggal.

Tidak lama kemudian Datuak Maringgih pun menuduh Siti Nurbaya melarikan hartanya,nurbaya pun balik ke padang untuk menyelesaikan perkaranya dengan Datuak Maringgih.
Setelah datang dan bertemu dengan Datuak,dia pun diberi makan lemang yang sudah diberi racun,Siti Nurbaya pun meninggal karena keracunan.

Setelah itu Samsul pun langsung ingin bunuh diri karena orang yang dia sayangi telah meninggal dunia. Tetapi dia tak berhasil membunug dirinya sendiri. Karena dia seorang prajurit dia pun selalu menerima ditugaskan turun berperang dan berharap bisa mati dan menyusul kekasihnya.

Tetapi usahanya tidak berhasil melainkan dia diangkat menjadi letnan.
Sepuluh tahun setelah peristiwa Samsu bunuh diri pasca-kematian Nurbaya, Meringgih memimpin suatu revolusi melawan Pemerintah Hindia Belanda sebagai protes atas kenaikan pajak.

Samsu ditugaskan ke Padang untuk menumpas Meringgi. Dalam peperangan ini, Samsu menemukan dan membunuh Meringgih, tetapi dia sendiri terluka berat. Setelah bertemu dengan ayahnya dan memohon maaf dan diapun meninggal.

Kuburan Siti Nurbaya terletak di ranah minang bertempat di gunung Padang. Gunung Padang merupakan tempat Siti Nurbaya pertama kali bertemu dengan kekasihnya Samsul Bahri. Selain itu, marah Rusli juga menyebutkan bahwa Gunung Padang merupakan tempat pemakaman Siti

Nurbaya yang harus mati muda karena telah diracun oleh Datuk Maringgih. Makam ini, dipercayai sebagai tempat peristirahatan abadi Siti Nurbaya. Di makam ini,  wisatawan atau teman-teman diajak mengenang kisah tragis gadis Minang yang dijodoh paksa dengan Datuk Maringgih ini.


• Wisata Kuliner
Wisatawan yang datang ke tempat ini juga bisa menikmati wisata kuliner, karena samping kanan kiri jembatan, terdapat berbagai macam penjual makanan dan minuman. Mulai dari makanan ringan berupa pisang atau jagung bakar hingga sate padang.
Tidak hanya itu,dibawah jembatan Siti Nurbaya pun terdapat pusat oleh-oleh terkenal yaitu keripik balado Kristin Hakim dan juga kios oleh- lainnya yang bertebaran disana.

• Pemandangan
Waktu yang paling cocok untuk mengunjungi lokasi wisata ini adalah pada waktu menjelang matahari terbenam, karena Anda dapat menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam dari jembatan Siti Nurbaya tersebut. Dari jembatan ini, para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan lansekap kawasan Padang kota lamo.

Cerita ini menjadi legenda di masyarakat sumatra barat dan indonesia. Bagi sahabat travel  yang ingin berkunjung ke makam siti nurbaya ini sahabat dapat menghubungi Pt Duta Pesona Wisata. Yang akan mengantar sahabat travel ke lokasi yang lagi trand di sumbar.