14. Apr, 2021

Lapek Sagan Jajanan Khas Minangkabau

Hai sahabat travel, kali ini kita akan memberikan informasi tentang jajanan kawasan minangkabau yang enaknya nyampek ke tagihan, Mau tau apa aja yuk kita simak bareng-bareng. Lapek Sagan

Dari sekian banyak nama lapek ada satu yang unik yaitu lapek Sagan.lapek sagan makanan khas Minang kabau yang terbuat dari campuran beras ketan,kelapa yang di bungkus didalam daun pisang.

didalam bahasa Minang Sagan artinya malas.yang dimaksud adalah Sagan karajo atau malas kerja.

Lapek Sagan sejenis makanan basah yang sudah ada sejak zaman dahulu.rasa manis dan enak menjadi ciri khas makanan ini lapek Sagan memiliki tekstur yang lengket dan aroma yang nikmat.

Berbeda dari jenis lapek lainya lapek Sagan dibuat dengan bahan yang mudah didapat dengan cara yang sederhana .

Walaupun dibuat dari bahan yang sederhana lapek Sagan mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi.beras kentan yang digunakan mengandung kalsium, magnesiu,zat besi dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Pisang jugak mengandung banyak nutrisi dan vitamin bagi kesehatan tubuh, seperti potasium,kalium serat dan zat besi yang baik bagi kesehatan tulang.selain itu buah pisang juga mengandung vitamin c vitamin b6 magnesium dan 105 kalori.

Serta parutan kelapa mengandung serat vitamin c protein dan masih banyak lagi nutrisi lainya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Selain sebutan lapek masyarakat sering juga menyebutnya dengan nama "limpiang"
Lapek Sagan biasanya disajikan pada acara acara keluarga, ditemani dengan kopi hangat yang dapat menambah kenikmatan dalam menyatap lapek sagan.

Walaupun lapek Sagan makanan zaman dahulu zaman sekarang pun masih banyak di temui orang yang berjualan lapek sagan. Padang panjang penjual lapek Sagan dapat ditemui di sekitaran pasar Padang panjang.penjual lapek Sagan biasanya berjualaan di hari hari pasar saja hari Senin dan hari Jumat.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Sumatra barat jangan lupa untuk mencoba sensasi makan lapek Sagan biasanya berjualaan di pinggir Pinggir jalan harganya nya pun cukup terjangkau Lo buat satu buah nya lapek Sagan di bandrol seharga 2000 rupiah cukup murah bukan untuk sebuah makanan yang enak.

Dari liat foto nya aja uda pasti pengen nyoba ya sahabat. Hayuk berkunjung ke kota rendang minang kabau. PT. Duta Pesona Wisata