14. Apr, 2021

Lamaknyo Lapek Bugih Minangkabau

Hallo Sahabat Travel, Gimana informasi yang kita berikan ? jangan lupa comment ya sahabat travel. Nah kali ini kita akan tunjukin salah satu jajanan kue basah yaitu lapek bugih

Sumatra barat dikenal dengan kuliner yang unik dan lezat,salah satu jajanannya adalah lapek bugis.lapek bugis ini merupakan penganan tradisional yang digemari dan familiar dilidah orang minang.

Dari cerita yang beredar dimasyarakat lapek bugis ini berasal dari daerah bugis,makassar lalu dibawa oleh pelaut ke minangkabau.Lapek bugis ini berbentuk kerucut dengan tekstur lengket dan kenyal,biasanya terdapat isi dalam berupa parutan kelapa dan gula merah atau parutan kelapa dengan kacang lalu dibalut dengan daun pisang.

Lapek bugis ini sekilas mirip dengan kue bugis dibetawi atau kur mandut dijawa tetapi bedanya dijawa menggunakan ketan putih dengan isian enten yang dicampurkan oleh gula merah sedangkan di sumatra barat menggunakan ketan hitam maupun ketan putih dengan isian parutan kelapa dan gula ada juga yang ditambah dengan kacang lalau dilumuri oleh santan sehingga rasanya sangat gurih.

Lapek bugis ini berbahan tepung ketan hitam atau ketan putih,vanili,santan,garam,dan daun pisang.Membuat lapek bugis ini tidak terlalu sulit,bisanya tahap awal masak santan dan tambahkan garam sehingga mendidih.

Kemudian tuang santan tersebut ke adonan tepung ketan aduk dengan rata dan sisihkan.Untuk membuat isiannya masak parutan kelapa dengan gula pasir dan daun pandan agar harum.lalu tuang air hingga berserabut tambahkan garam lalu lanjutkan masak hingga matang.

Kemudian adonan ketan dibolongi bagian tengah nya masukkan isian tersebut lalu tutup kembali hingga rapat.lalu siram santan diatas adonan tersebut dan tutup dengan daun pisang sehingga berbentuk kerucut kemudian dikukus hingga matang.

Bila sudah matang lapek bugis akan terlihat mengkilap dan beraroma daun pisang dan vanili yang menggiurkan.Perlu diketahui jajanan ini tidak bertahan lama sekitar 1 haru saja karna tidak memakai bahan  pengawet kalau ingin bertahan lama anda bisa memasukkan lapek bugis ini kedalam kulkas.

Lapek bugis ini memiliki arti tersendiri dalam ritual adat di minangkabau contohnya hidangan penutup makan bajamba atau pelengkap makanan saat memasuki bulan ramadhan.

Sekarang Lapek bugis ini sangat mudah ditemukan dipasar,apabila anda penasaran dengan rasanya ayo dicicipi saat berbuka dibulan ramadhan ini.

Nah bagi sahabat travel yang ingin coba jalan-jalan sekaligus menikmati jajanan ini dapat hubungi PT. Duta Pesona Wisata