16. Apr, 2021

Renyah dan Gurihnya Rendang Baluik

Hai sahabat travel gimana kabar hari ini, Semoga dalam keadaan sehat ya. nah berbicara sehat berikut kita beri informasi tentang salah satu makanan khas minang yang sehat dan tinggi omega 3 yaitu rendang baluik (Rendang belut)

Randang baluik atau sering dikenal dengan rendnag belut adalah variasi rendang berbahan belut.masakan ini merupakan masakan tradisional khas minang yang terumatama di kabupaten tanah datar, Sumatra barat.

rendang belut dihidangkan bersama sama dengan masakan lain dalam perhelatan Minang, seperti upacara pernikahan,turun mandi,khitanan,batagak penghulu. Belut yang dimasak terlebih dahulu dibersihkan lendirnya dan di bakar di atas api sehingga kering.

secara umum proses pembuatan rendang belut sama seperti rendang daging,hanya berbeda dengan penggunaan banyak macam daun saat memasak.bumbu bumbu dimasukan ke dalam santan dan di aduk sampai santan mengental,setelah itu belut dimasukan bersama daun daun sambil terus di haduk hingga kuah kuah santan kering dan warnanya menjadi gelap.

Hidangan rendang belut memiliki tekstur gurit dengan rasa asam dan pedas rendang belut disajikan dengan daun daun yang digunakan saat memasak.daun daun tersebut dimakan sedangkan tulang belut tidak dimakan.

Bumbu yang diperlukan untuk membuat rendang belut yakni kelapa,sipadeh(jahe)langkueh bawang merah bawang putih ketumbar,garam,cabe merah cabai rawit dan beberapa macam dedaunan.

Untuk 1 kilo belur diperlukan empat buah kelapa daun daunan berfungsi sebagai penyedap rasa.ada bermacam macam yang digunakan antaranya .daun surian daun asam batang, daun kantuik kantuik daun kasambi,daun aka katidiang daun kapeh daun asam kudo,daun aka baluik daun kunyit daun salam daun jeruk purut.

Cara pengolahannya belut yang sudah bersih digoreng menggunakan minyak hingga tabuh atau garing sementara itu buku bumbu di haluskan dan daun daun di iris untuk dimasukan ke dalam santan sambil di aduk.

Proses pengadukan dilakukan terus hingga warna kuah santan menjadi gelap setelah itu belut dimasukan dan di aduk hingga kuah kering. Setelah kuah santan kering sajikan dengan nasi putih yang hangat betapa enak nya.

Pengolahan rendang baluik tak berbeda pengolahan nya dengan rendang pada biasanya ketika berkunjung ke Sumatra barat jangan sampai tidak mencoba sensasi makan rendang baluik kita dapat menjumpai rendang baluik di setiap jajanan oleh oleh khas Minang kabau harganya pun cukup terjangkau dengan sekitaran 112.000 dengan berat 500 gram cukup murah bukan rendang baluik cocok disajikan pada hari raya yang sebagain besar momen berkumpul dengan keluarga yang dari luar kota dan jug ak bagus sebagai jajanan oleh oleh.

Nah kurang apa lagi ya di sumbar, untuk makanan dan lokasi geografis nya yang istimewa. Yuk berkunjung ke sumatera barat dengan menggunakan jasa provider PT. Duta Pesona Wisata