16. Apr, 2021

Rangkian (Lumbung Padi di Sumbar)

Nah sahabat travel. kali ini kita akan beri informasi tentang gudang atau lumbung padi yang ada di sumatera barat yang sering di sebut rangkiang.

Rangkiang atau lumbung padi biasanya dipergunakan oleh masyarakat minangkabau untuk menyimpan hasil panen mereka.

Bangunan ini bisa kita temukan di halaman rumah gadang minangkabau,bentuknya berupa rumah gadang dengan atap gonjang yang terbuat dari ijuk lalu ada yang 4 atau 6 buah tiang penyangganya sama dengan tiang rumah gadang,berdinding anyaman bambu ,rangkiang memiliki pintu di bagian atas,bagian loteng yang berbentuk seperti segitiga disebut dengan singkok, lantai yang ditinggikan dari atas tanah,istilah dari rangkiang berasal dari ruang hyang dewi sri yang berarti ruang penyimpanan dewi sri padi.

hasil simpan padi ini dipergunakan untuk sumber makanan ketika bahan makan habis saat terjadinya bencana maupun perang.Rangkiang tang terletak dihalaman rumah gadang ini memberikan gambaran dari kehidupan kaum(suku).Rangkiang terdapat empat jenis beserta kegunaannya seperti:

1.Sitinjau lakuik,adalah tempat penyimpanan padi yang akan dipergunakan untuk membeli barang ataupun keperluan rumah tangga yang tidak dapat dibuat sendiri.bentuknya pipih,berdiri diatas empat tiang,dan letak nya ditengah.
Rangkiang tagak sajaja
Di tangah sitinjua lauik
Panjapuik si dagang lalu
Paninjau pincalang masuak.

2.Sibayau-bayau,adalah tempat penyimpanan padi yang akan dipergunakan untuk makan sehari-hari,bentuknya lebih besar,rangkiang ini berada disebelah kanan dari rumah gadang.
Di kanan si bayau-bayau
Lumbuang makan patang pagi.

3.Sitangguang lapa,adalah tempat penyimpanan padi cadangan yang dipergunakan pada masa-masa sulit,bentuknya tiang ada empat dan bersegi. Di kiri sitenggang lapa
Tampek si miskin salang tenggang
Panolong urang kampuang
 Di musim lapa gantuang tungku.

4.Rangkiang kacik merupakan tempat penyimpanan padi abuan yang artinya dipergunakan untuk benih dan biaya dari mengerjakan sawah pada musim selanjutnya. Memiliki bentuk atap yang tidak bergonjong,lebih kecil dan rendah,bentuknya tidak selalu bersegi adapun bundar.

Lumbuang kaciak salo-manyalo
Tampek manyimpan padi abuan”
Dibeberapa daerah tempat penyimpanan padi disebut dengan kopuak didaerah rao,pasaman.

bentuknya kecil dan ada beberapa kopuak ini berjajar disepanjang jalan rao itu dahulu sekarang kopuak sangat sulit ditemukan.

Meskipun rangkiang sangat jarang digunakan pada masa sekarang karna untuk mendapatkan beras sangat mudah seperti dipasar-pasar,namun setidaknya kita harus melestarikannya.

Nah inilah jenis-jenis lumbung padi di sumatera barat. Rangkiang terletak di sisi kanan dan kiri depan rumah gadang. Masih penasaran dengan bentuk rangkiang ini?. yuk kunjungi sumbar bersama PT. Duta PEsona Wisata