16. Apr, 2021

Pelaminan Khas Minangkabau

Hai sahabat travel, masing-masing daerah memiliki budaya yang berbeda, nah kali ini kita akan paparkan budaya pernikahan yang ada di minangkabau. yakni komponen yang ada di pelaminan mempelai.

Pelaminan adalah meruupakan salah satu perangkat acara pernikahan atau perkawinan masyarakat Minangkabau di daerah padang,dimana pelaminan ini di gunakan untuk sebagai tempat duduk pengantin dan dihiasi berbagai dekorasi, seperti:

- Kain bersulam emas :Kain bersulam emas bisa di gunakan untuk tabir atau backdrop maupun untuk hiasan pada bagian pelaminan lainnya.

- Bantal gadang : bantal-bantal ini biasanya sebagi ornamen yang biasanya ditempatkan pada bilik utama maupun bilik pendamping di sisi kanan atau kiri bilik utama.

- Tirai dan langit-langit : Tirai dan langit-langit ini biasanya berada diatas tempat bersandingnya pengantin yang juga pada langit-langit harus di gantung ornamen-ornamen mainan angkin dan juga karamalai khas minangkabau yang berbentuk seperti lidah-lidah menyerupai dasi warna keemasan.

- Kelambu berlapis : Kelambu berlapis ini biasanya berfungsi sebagai latar belakang tempat duduk pengantin yang mana jumlah lapisnya beragam ada 3, 5, atau 7 lapis, karena jumlahnya harus ganjil.

- Galuang : Semacam bingkai yang di letakkan di samping tempat duduk pengantin, karena bentuknya melengkung mirip gapura maka dari itu namanya disebut Galuang untuk atribut galuang ini biasanya dilapisi dengan kain yang dijalin beberapa warna dan dilengkapi dengan tonggak bambu berlapis pada sisi-sisinya.

Akan tetapi hal ini tidak membatasi keinginan pasangan pengantin atau keluarga yang lain untuk bisa menyertakan atau memakai atribut tambahan agar terlihat indah.

Pelaminan tidak hanya berguna untuk menghiasi atau atribut dalam sebuah acara perkawinan, namun termasuk pakaian pengantin, makna simbol pada pelaminan dan pakaian kedua pengantin Minangkabau berisi ajaran tentang tugas dan sikap seorang laki-laki dan perempuan yang sudah kawin, pada ornamen-ornamen diatas juga mengandung makna yang masih berkaitan dengan kehidupan baru yang akan dijalani oleh kedua pengantin, seperti salah satu bagian dari pelaminan yaitu banta gadang, menjadi simbol prestise bagi keluarga yang sedang mengadakan pesta perkawinan.

Dari informasi yang saya dapat bentuk pelaminan ini dulunya berasal dari tempat tidur pengantin cina, yang mana seorang raja cina mengirim seperangkat/sebuah pelaminan untuk meminang bundo kanduang ,namun hal ini mungkin memang benar karena dari bentuk yang ada pada pelaminan banyak mengandung unsur cina dimulai dari segi penggunaan warna, motif ataupun hiasan lain yang terlihat pada bagian-bagian pelaminan minangkabau, seperti misalnya ada motif burung phoenix, singa, naga ,kupu-kupu,dan juga warna merah,warna biru, warna emas, bentuk hiasan gantung pada langit-langit serta pada hiasan sunting anak daro.

Nah ini lah budaya yang ndak lakang dek paneh ndak lapuak dek hujan. Alam takambang manjadi guru. Yuk kunjungi beberpa destinasi wisata budaya yang ada di sumatera barat. Bersama PT. Duta Pesona Wisata