22. Apr, 2021

Danau Ada yang kembar ? ? ?

Sumatera barat memiliki beberapa danau seperti danau talang,danau singkarak,danau maninjau,danau atas danau bawah atau lebih dikenal dengan danau kembar karena danau ini berdampingan hanya sekitar berjarak 300 meter saja.

Danau kembar terletak di kabupaten solok,alahan panjang,sumatera barat,danau atas terletak dipinggir jalan padang muara labuh sedangkan danau bawah berada di nagari bukit sileh kecamatan lembang jaya.

Mungkin anda bingung kenapa danau yang terletak diatas bukit disebut dengan danau bawah sedangakan danau yang berada dibawah bukit disebut dengan danau atas rupanya dikarenakan dengan ketinggian air danau dibawah sama tingginya dengan dasar danau atas.

Jarak dari pusat kota solok sekitar satu setengah jam,danau ini memiliki keindahan alami yang indah dengan hamparan penggunungan hijau dengan sedikit kabut.Luas danau diatas adalah 1.720 meter persegi dengan kedalam 44 meter,panjang 6,25 kilometer,lebar 2,75 kilometer,permukaan airnya berada pada ketinggian 1.600 mdpl.

Sedangkan luas danau dibawah 1.690 meter persegi,panjang 5,62 kilometer,dan lebarnya 3 kilometer,dengan kedalaman 886 meter jadi danau dibawah pemenang dari dalamnya air danau ini sedangkan danau dibawah ini memiliki ketinggian 1.566 mdpl.

Suhu dari kawasan wisata ini cenderung sangat dingin berkisar 14-16 derajat celcius,jadi disaran untuk membawa perlengkapannya penghangat tubuh seperti jaket dan lain-lainnya.

suasana dingin ini dikarenakan lokasinya yang berada di dataran tinggi dan berdekatan dengan objek wisata lainnya seperti kebun teh alahan panjang atau lebih dikenal dengan kebun teh danau kembar.

Beberapa spot di area danau kembar:
1.Melihat pemandangan
2.Memancing
3.Penjual bunga
4.Fasilitas outbound
5.Naik perahu
6.Kuliner

Adapun beberapa cerita rakyat yang beredar terbentuknya danau kembar ini,konon katanya didanau ini terdapat naga raksasa yang dibantai oleh niniak gadang bahan(pembuat tonggak)lalu bangkai naga ini dibiarkan dan tertimbun tanah kemudian tergenang lah air berbentuk dua danau besar.danau kembar ini sedang dikembangkan menjadi objek wisata andalan dari pemerintah setempat selain itu pemerintah juga ingin menjadikan objek wisata ini sebagai agro wisata dengan adanya itu para wisatawan bisa menikmati pemandangan kebun sayur,buah dan teh.jangan khawatir untuk jam buka danau kembar ini 24 jam,harga tiket gratis,dan ada penginapan yang sudah tersedia disana.