22. Apr, 2021

Danau Maninjau

Siapa orang sumbar yang belum tau dengan Danau Maninjau? Danau ini terletak di kabupaten Agam Sumatera Barat, menurut legenda setempat danau ini adalah sebuah kaldera dari letusan gunung api yang besar,dan di katakan menghamburkan kurang lebih 220 - 250 km³ material piroklastik, dapat di lihat dari bentuk bukit sekeliling danau Maninjau ini yang berbentuk seperti dinding, dimana dinding kaldera Maninjau tersebut mempunyai 459 m dari permukaan danau yang mempunyai kedalaman mencapai 157 m.

Salah stu bagian danau Maninjau ini merupakan sumber untuk sungai yang bernama Batang Sri Antokan sekaligus terdapat PLTA Maninjau di hulu Batang Sri Antokan tersebut. Danau Maninjau ini tercatat sebagai danau terluas kedua sesudah danau Singkarak yang mana luas danau Maninjau ini 99,5 km3.

Nah, setelah membicarakan asal usul dan luas danau Maninjau ini sekarang kita ungkit sebagai destinasi wisata, untuk memasuki area ini kita bisa menggunakan beberapa pintu karna tempat ini terbuka untuk umum dan belum adanya badan pengelolaan wisata secara utuh, juga tidak ada tiket masuk yang di tetapkan, namun bagi yang ingin ke sini cukup hanya menyiapkan retribusi untuk memarkirkan kendaraan.

Waktu yang terbaik untuk menikmati keindahan danau Maninjau ini adalah disaat pagi hari dan saat matahari terbenam, karna pantulan dari cahaya matahari pada permukaan danau Maninjau ini memberikan kesan harmonisasi alam yang dapat memanjakan kita yang ingin bersantai dan menikmati keindahannya.

Danau maninjau ini dari dulunya memang sudah di kenal orang banyak karna keindahan dan areanya yang sejuk dikelilingi perbukitan menambah sensasi keindahan, ketenangan dan kedamaian nya, namun selain melihat keindahan danau kita juga dapat melakukan berbagai aktivitas wisata seperti memancing, berkunjung ke museum Buya Hamka yang bangunan nya mengarah ke danau maninjau, juga wisata kuliner, dan banyak lagi area wisata terdekat yang harus di kunjungi.

Bagi wisatawan yang ingin ke sini jangan cemas bila ingin buang air atau pun sholat karna di sini tersedia fasilitas yang cukup lengkap, seperti mushalla, toilet, area parkir, taman bermain juga banyak tersedia, warung-warung makan, dan penginapan bagi yang ingin menginap, penginapan di sini mulai dari yang kelas ekonomis hingga penginapan mewah yang harganya juga beragam tergantung fasilitas yang disediakan masing-masing.