26. Apr, 2021

Gunung Merapi Sumatera Barat

Hai Sahabat blog pesona. Hari ini kita akan bahas tentang gunung merapi yanng ada di sumatera barat. Kali ini kita akan bahas gunung merapi. Siapa yang tidak kenal karakteristik gunung ini. Mari kita simak bareng sahabat.

Gunung Merapi adalah gunung aktif yang terletak di antara kabupaten tanah datar, kabupaten agam, Padang panjang Sumatera barat.secara administrasi gunung Merapi berada dalam kawasan kabupaten agam.

Gunung Merapi memiliki ketinggian 2891 meter di atas permukaan laut. Jalur pendakian yang biasa digunakan untuk pendakian adalah jalur koto baru. Pendakian dimulai pukul 16.00 wib dari pos registrasi, menuju pos 1 trek awal yang dilalui akan melewati ladang penduduk setempat. Sepanjang perjalanan kalau bertemu dengan pendaki lain harus saling menyapa dengan  pak buk pangggilan ini sudah menjadi ciri khas Sumatera barat.

Setelah berjalan sekitar 30 menit, ada area disebelah kiri yang sering disebut posko BKSDA. Banyak pendaki yang beristirahat sebentar atau bermalam disini dan melanjutkan pendakian besok harinya. Setelah posko BKSDA akan melewati pintu rimba yang mana disinilah titik awal jalur pendakian dimulai.

Disebelah kiri jalan terdapat sebuah sumber mata air yang disebut mata air dari pos 1 akan melewati hutan bambu yang disebut dengan Parak. Jalanan tanah yang licin dan berbatuan akan menemani perjalanan di jalur ini saat injakan kaki berubah dari tanah dan akar menjadi bebatuan, artinya akan tiba di daerah yang disebut dengan pintu angin.

Dari sudah mulai terlihat pemandangan kota Padang panjang terdapat sumber air di tempat ini sekitar 20 meter disebelah kiri jalan. Selain itu tempat camp juga tersedia disebelah kanan setelah mengisi  pembekalan air minum kami melanjutkan pendakian.

Pendakian menuju puncak gunung merapi di mulai kembali pukul 04.00 wib pukul 05.00 tiba di tugu Abel. Tak jauh dari tugu Abel terdapat sebuah tempat yang sangat luas berukuran kira kira dua kali luas lapangan bola. Tak jauh beberapa dari tempat tersebut terdapat dua buah kawah yang satu tidak mengeluarkan asap dan satunya lagi masih aktif.

Bau belerang perlahan mulai terasa didekat kawah tersebut. Selain dua kawah utama tersebut di titik lain juga terdapat dua buah kawah yang berukuran kecil. Menuju trek merpati lumayan terjal dengan kemiringan 45 derajat. Jika cuaca bagus kita dapat menikmati keindahan danau Singkarak dan kota solok dari atas puncak merpati.

Nah sekarang sudah tau ya tentang semua tentang yang ada di ginung merapi. Mau mendaki tanpa ribet mari hub. PT. Duta Pesona Wisata.