26. Apr, 2021

Keindahan Taman Lumut Gunung Singgalang

Hai Sahabat blog pesona. Hari ini kita akan bahas tentang gunung merapi yanng ada di sumatera barat. Kali ini kita akan bahas gunung singgalang. Siapa yang tidak kenal karakteristik gunung ini. Mari kita simak bareng sahabat.

Gunung singgalang merupakan salah satu di antara gunung-gunung di Sumatera Barat yang terletak di kabupaten Agam memiliki ketinggian 2.877 mdpl. Gunung Singgalang juga merupakan gunung vulkanis yaitu gunung berapi,namun gunung Singgalang sudah lama tidak aktif sesudah terjadi erupsi sekitar 2000-an.

Buat kalian yang suka mendaki atau yang suka traveling berbau - bau alam sangat di sarankan untuk mencoba mendaki ke gunung ini, trek nya juga ada yg menantang, menguji kesabaran, ada juga trek santai yang tidak membuat kita begitu kewalahan, seperti trek awal terdapat semak belukar atau orang minang menyebutnya hutan pimpiang, yaitu senis rerumputan dengan ukuran batang sebesar jempol juga sangat lentur yang sering menutupi sehingga mebuat para pendaki harus menunduk dan merangkak untuk melewati nya.

Setelah kurang lebih satu jam kita melewati hutan pimpiang, para pendaki akan hadapi jalur akar - akar pepohonan, setelah berjalan kurang lebih 4-5 jam, kita akan sampai di cadas, dimana kita bisa beristirahat sebelum kita melanjutkan perjalanan menuju puncak, lokasi ini merupakan tempat yang cocok untuk mendirikan tenda karena memiliki tempat yang cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda.

Setelah cadas ini terdapat salah satu telaga bernama "Telaga Dewi" yang merupakan bekas kawah mati, bagi yang ingin melanjutkan perjalan ke telaga dewi atau menuju puncak kita harus menghadapai tanjakan terjal yang berupa bebatuan keras dan di tengah tengah tanjakan tersebut berdiri sebuah tugu bernama Tugu Galapagos, tugu ini di buat untuk mengenang salah satu siswa pencinta alam SMA N 1 Padang yang hilang pada tahun 1990-an.

Setelah melewati tanjakan tersebut maka kita akan berjumpa dengan hutan lumut, yang cukup menarik untuk di abadikan dengan foto, seusai melewati hutan lumut maka kita akan di sambut dengan dengan telaga dewi yang sangat mempesona.

Namun kita belum sampai di puncak, bagi yang ingin melanjutkan kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk melewati trek yang cukup bersahabat, dan apabila cuaca bagus saat sampai di atas kita bisa melihat indahnya Gunung Marapi dari atas Gunung Singgalang ini, tetap jaga kebersihan ya jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, dan jangan mengambil sesuatu kecuali foto.