27. Apr, 2021

Kota Wisata Bukittinggi

Siapa yang tak kenal salah satu monumen jam terbesar di sumatera barat. dan pernah menjadikan lokasi letak monumen ini salah satu ibu kota Indonesia pada masanya. Penasaran, yuk langsung kita bahas.

Bukit tinggi merupakan kota wisata yang sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan, karena yang menjadi ciri khas kota Bukit Tinggi ini adalah Jam Gadang.

upps sebelum saya menjelaskan kenapa di juluki sebagai "Kota Wisata" dan membahas apa itu Jam Gadang, saya menyampaikan sedikit informasi bahwa pada tanggal 9 juni 1947 kota Bukit Tinggi pernah di jadikan Ibukota provinsi Sumatera Barat dan juga pernah menjadi Ibukota Indonesia pada tanggal 19 desember 1948 ketika Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda, nah sekarang apa itu Jam Gadang? simak penjelasan nya.

Menurut informasi yang saya dapat Jam Gadang dulunya didirikan oleh Pemerintah Hindia-Belanda atas perintah dari Ratu Wilhelmina yaitu ratu dari Belanda.

Jam tersebut merupakan hadiah untuk sekretaris (controleur) Kota Bukittinggi (Fort de Kock) yang sedang menjabat pada saat itu HR Rookmaaker.

Konstruksi bangunan Jam Gadang ini dibangun oleh arsitek asli Minangkabau, Jazid Rajo Mangkuto, dan pelaksana pembangunannya adalah Haji Moran beserta mandornya yaitu St.

Gigi Ameh, yang di bangun pada tahun 1926 dan selesai pada tahun 1932 dengan menghabiskan dana mencapai 3.000 Gulden.

Sampai saat ini dari semenjak didirikan, bangunan jam ini sudah mengalami tiga kali perubahan bentuk atapnya, pada masa pemerintahan Hindia Belanda atap bangunan Jam gadang ini di buat berbentuk bulat dengan patung ayam jantan menghadap ke arah timur yang memiliki maksud yaitu agar orang Kurai, Banuhampu, sampai Sarik Sungai Puar bangun pada pagi hari apabila ayam sudah berkokok.

Sewaktu masa pendudukan Jepang, bentuk atap diubah lagi menjadi bentuk pagoda, dan setelah Indonesia merdeka, bentuk atap Jam Gadang ini diubah menjadi bentuk gonjong yaitu bentuk atap rumah adat Minangkabau.

Namun, selain Jam Gadang masih banyak lagi tempat yang harus di kunjungi seperti Ngarai Sianok, Lobang jepang Bukit Tinggi, museum rumah Bung Hatta dan masih banyak lagi yang bakal membuat liburan kita menyenangkan serta menambah wawasan, maka dari itu saat sekarang kota Bukit Tinggi ini di juluki sebagai "Kota Wisata".