27. Apr, 2021

Padang Panjang dijuluki sebagai kota serambih mekah

Kota yang satu ini memiliki banyak julukan sehingga buat sahabat blog pesona dapat mengunjungi kota yang satu ini. Kota Padang Panjang.

Kota Padang Panjang merupakan kota dengan luas wilayah terkecil di Sumatera Barat.Kota Padang Panjang dikenal dengan julukan Kota serambi mekkah hal ini disebabkan banyaknya berdiri sekolah modern islam dan mesir van andalas.

Luas dari kota ini berkisar 23 km persegi dan jumlah penduduk tidak lebih dari 110.000 jiwa namun kota ini sangat asri,rapi dan bersih.Posisinya pun sangat strategis (Padang, Bukittinggi, Solok) perekonomian masyarakatnya adalah pedagang dan jasa,dengan jarak tempuh 1,5 jam dari kota Padang.

Padang Panjang berada dalam topografi wilayah lembah dengan diapit oleh gunung yang dikenal di minangkabau atau sumatera barat dengan puncak tri arga yaitu gunung merapi,gunung singgalang,gunung tandikan serta bukit barisan yang membentang.

Kota Padang Panjang ini memiliki curah hujan yang tinggi serta memiliki udara yang sejuk dengan berkisar suhunya 21-24 derajat celcius dengan begitu padang panjang dikenal dengan kota hujan.

Padang Panjang juga dikenal bogor van sumatera karena kota ini cocok untuk pertanian dengan kondisi lahan yang subur.Kota Padang Panjang juga dikenal dengan kota pendidikan dilihat dari tempat berdirinya institusi-institusi pendidikan pesantren dan institusi-institusi pendidikan yang tidak hanya para pelajar berasal dari daerah sumatera barat akan tetapi juga banyak pelajar dari luar provinsi dan mancanegara.

Kita juga bisa mengunjungi beberapa destinasi pengetahuan seperti Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau(PDIKM) yang merupakan sebuah miniatur perkampungan minang yang memiliki pusat dokumentasi dan informasi,selain itu kota Padang Panjang memiliki sebuah mesjid atau surau yang berumur hampir 300 tahun.

Mesjid ini adalah mesjid asasi yang merupakan salah satu mesjid tertua di Minangkabau.Kota ini juga merupakan kota berbahagia disana terdapat ada batu kapur,sawah,sungai dan rel kereta api.Potensi yang dimiliki oleh Kota Padang Panjang:
1. Aneka kerajinan kulit
2. Wisata alam (taman rekreasi bukit bunga,jembatan tinggi,kolam renang lubuk mata kucing dan gua batu batirai)
3. Wisata budaya
4. Pengembangan industri bordir dan sulaman
5. Industri pengelolaan batu kapur
6. Pengembangan industri makanan ringan (jagung goreng,keripik talas,kerupuk bayam,perkedel jagung)

Kota Padang Panjang terdiri dari 2 kecamatan:
1. Padang Panjang Timur
2. Padang Panjang Barat

Adapun destinasi yang ada di kota Padang Panjang in yaitu:
1. Air terjun lembah anai
2. Air terjun tujuh tingkat
3. Lembah anai
4. Lubuk mata kucing
5. Mifan waterpark
6. Balai bening ikan Padang Panjang
7. Bukit Tui
8. Wisata edukasi susu perah dll

Kuliner khas kota Padang Panjang:
1. Sate
2. Rendang
3. Pisang sapik
4. Katupek pitalah
5. Ketan pokat
6. Serabi kuah
7. Perkedel jagung
8. Teh talua