30. Apr, 2021

Uniknya Cara Nelayan Sumbar Dalam Proses Menangkap Ikan

Hai sahabat blog pesona, Kali ini kita akan bahas tentang uniknya para nelayan yang ada di sumbar yang khususnya ada di di daerah pesisir pantai. Ada beberapa cara unik namun yang akan kita bahas kali ini tentang cara nelayan dengan menggunakan BAGAN.

Bagan merupakan salah satu sebutan prahu yang di disain dengan ukuran lebar 4-5 m dan panjang kapal bisa hingga 10 -15 m. Dilengapi dengan banyaknya lampu di sekeliling kapal.

Lampu-lampu ini berfungsi untuk menarik perhatian dari ikan-ikan, dan ternyata makhluk laut rata-rata ikan, cumi, dan beberpa jenis hewan laut suka dengan cahaya. Untuk theknik dalam penangkapan ikan sendiri.

Jaring akan di turunkan terlebih dahulu lalu lampu akan di nyalakan seluhnya dan setelah banyak ikan berkumpul, lampu secara bertahap akan di matikan satu per satu.

Hingga pada lampu terahir akan tersisa 2 lampu yang digunakan untuk mengumpulkan ikan menjadi 1 titik. Setelah ikan berkumpul di satu titik maka jaring akan di angkat secara perlahan dan ikan akan terperangkap di dalam jaring.

Masyarakat di sekitar pesisir masih banyak menggunakan cara tradisional ini, Karna untuk menjaga ekosistem laut sumatera barat tetap terjaga tanpa tercemar. Namun walaupun dengan menggunakan metode ini masih juga laut tetap tercemar. Hal ini di faktori oleh limbah sampah penduduk. 

Hal ini masihh menjadi masalah sehingga yang duluya pantai padang masih dapat melihat indahnya lumba-lumba yang masih aktif berenang sekitaran pantai menjadi tidak terlihat lagi.

Wah begitu banyaknya potensi laut indonesia apabila kita bisa menjaga alam dengan baik. Ayo kita jaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Agar anak cucu kita masih bisa menikmati indahnya alam bawah laut Indonesia. Dan jangan lupa untuk tetap melestarikan cara penangkapan ikan dengan cara tradisional.