4. May, 2021

Keindahan Geopark Pulau Kupu-kupu Lembah Harau

Lembah Harau salah satu lembah subur yang dikelilingi perbukitan yang terletak di kabupaten Lima puluh kota Sumatra barat.yang berjarak sekitar 138 km dari kota Padang dan berjarak 47 km dari kota Bukittinggi. Lembah Harau memiliki cuaca yang sejuk dan tekstur tanah yang subur, juga keindahan pemandangan alam yang menawan di lembah harau ini terdapat satu  air terjun yang bernama air terjun Bunta atau sering disebut sarasah.

Air terjun ini memiliki ciri air segar dari dataran tinggi dengan tiga air terjun. Sarasah ini mempunyai air terjun yang indah terpancar sinar matahari dinamakan sarasah Bunta. Air terjun sarasah Bunta pertama kali diresmikan tanggal 14 Agustus 1926. Lembah arau msalah satu cagar alam seluas 669 hektar.

Lembah Harau ini terdiri dari tiga kawasan yaitu resort aka , resort sarasah  dan . Resort aka berayun memiliki keindahan air terjun dan kolam renang di tambah nuansa alam yang asri.untuk pengembangan olahraga panjat tebing karena memiliki bukit batu yang terjal dan mampu memantulkan suara.

Disini jugak terdapat fasilitas penginapan berupa homestay. lembah harau di kelilingi tebing yang memiliki kemiringan hingga  90 derajat  dan rata-rata ketinggian tebing mencapai 150 hingga 200 meter.  Di lembah Harau terdapat salah satu hewan langka yang hidup didalamnya adalah monyet ekor panjang.

Cagar alam lembah Harau lima puluh kota memiliki berbagai spesies tanaman-tanaman hutan hujan tropisyang biasa berada di dataran tinggi. Sahabat dapat melihat keindahan alam sekitarnya dengan udara yang masih sangat sejuk di antara tebing tebing bebatuan granit yang menjulang tinggi dengan bentuk nya yang unik mengelilingi lembah harau ini.

Dahulunya lembah harau juga di juluki dengan pulau kupu-kupu, Hal ini masih dapat kita nikmati di sekekliling tanah yang memiliki gennagan air atau aliran air, karna jenis kupu-kupu yang berbeda-beda sehingga lembah harau di juluki dengan pulau kupu-kupu.

Adat Minangkabau  yang masih kental melekat di kehidupan sehari-hari masyarakatnya menjadi daya tarik lain yang bisa anda eksplorasi. Saat berkunjung ke Sumatra barat jangan lupa untuk berkunjung ke lembah Harau propinsi sumatera barat.

Hati anda akan terpukau di lembah Harau.Sumatra barat memiliki kawasan alam dan keberagaman budaya yang indah ada di didalamnya yang harus kita lindungi dan di rawat generasi ke generasi secara berkelanjutan.