4. May, 2021

Geopark Silokek Sijunjung

Geopark silokek terletak dimuaro silokek,kecamatan sijunjung,kabupaten sijunjung,sumatera barat. lokasi objek wisata ini berjarak sekitar 16 kilometer dari ibu kota sijunjung. objek wisata ini merupakan destinasi unggulan dari kabupaten sijunjung. Untuk menuju ke objek wisata ini cukup mudah hanya butuh 15 menit dari pusat kota sijunjung melalu jalan yang berliku dengan aspal yang mulus.

Setelah sampai, rasa lelah perjalanan akan hilang dan tergantikan, tebing-tebing yang menjulang tinggi konon katanya batuan dari tebing geopark silokek ini telah berusia ratusan tahun adanya.

Pepohonan yang rindang menambah udara sejuk yang dihasilkan tersendiri, keindahan alam yang indah dan mempesona ini cocok untuk merehatkan tubuh dari aktivitas hiruk-pikuk kesibukan tersendiri.

Dikawasan objek wisata geopark ini juga terdapat aliran sungai batang kuantan dengan arus yang cukup kuat dan cocok untuk olahraga ekstrem seperti arum jeram. Geopark ini mengapit sebuah lembah dengan air sungai yang mengalir tenang dan juga terdapat rumah bagi para hewan endemik sumatera lalu dibalik ramba itu juga terdapat daya tarik seperti goa dan air terjun.

Kawasan objek wisata ini mirip dengan lembah harau bedanya tebing lembah harau lebih tegak lurus dengan sisi tebing yang polos sedangkan tebing di silokek ini lebih beralur dan dipenuhi oleh pepohonan yang rimbun.

Geopark ini memiliki beragam spot wisata seperti ada beberapa goa: ngalau talago,ngalau basurek,ngalau saribu, ngalau sipungguak, beberapa air terjun: terjun bangkiamo, air terjun taye, dan air terjun palakuhan, arum jeram, pasir putih, kolam renang, pemandian air panas dan lain-lainnya.

Sayang sekali akibat dari aktivitas tambang emas membuat air sungai menjadi keruh dan ternodai. Bagi anda yang ingin liburan tidak ada salahnya untuk berkunjung kesalah satu objek wisata geopark silokek ini untuk biaya masuk ke objek wisata ini gratis, tapi digeopark ini susah untuk mendapatkan jaringan telepon karena berada dibalik perbukitan.