5. Mei, 2021

Rumah Gadang Gonjong Anam

Hai sahabat blog travel, Kalau sebelumnya kita bahas tentang destinasi wisata air terju yang ada di kota padang, Nah sekarang kita akan bahas tentang salah satu icon di negri rendang ini. Apa kira-kira sahabat?. Ya rumah adatnya, Atau biasa di sebut dengan rumah gadang yang memiliki gonjong-gonjong di ujung atap dan pastinya sudah menjadi ciri khas minangkabau.

Di karenakan ada tujuh jenis rumahh gadang kita akan bahas yang pertama yaitu Rumah Gadang Gonjong Anam. Kalau dari sebutannya saja kita sudah tergambar bahwasannya rumah gadang ini memiliki atap yang bergonjong sebanyak enam.

Rumah Gadang ini memiliki Bentuk bangunannya yang mirip seperti Rumah Gadang Gajah Maharam, tetapi rumah gadang ini sudah banyak dilakukan modifikasi dengan penambahan beberapa ukiran-ukiran khas Minangkabau sehingga menjadi bangunan beranjung yang berbeda.

Rumah Gadang Gonjong Anam memliki jenis bangunan yang lebih modern dibandingkan rumah adat Sumatera Barat lainnya. Salangkonya atau biasa di sebut Bagian Bawah rumah telah menggunakan papan untuk menutup bagian selangkonya dan bukan anyaman bambu seperti rumah gadang gajah maram. Kemudian jendelanya dibuat lebih banyak supaya pencahayaan bisa lebih banyak masuk ke dalam rumah  dan agar sirkulasi udara yang cocok dengan lokasi yang tropis seperti di Indonesia.

Bagi sahabat yang belum tau tenang struktur rumah gadang yang tahan dari gempa. hal ini dapat dilihat dari bagian bawah hingga ke ujung atap rumah gadang. semakin ke atas puncak atap bangunan semakin besar dan sedangkan di bagian bawah semakin kecil. selain itu dalam menyatukan satu tonggak kayu dan kayu lainnya menggunakan pasak yang di percaya semakin sering bergoyang maka semakin erat.

Wahhhh inii baru satu rumah gadang yang kita bahas ya sahabat. jangan lewatkan rumah gadang yang lainnya.