6. May, 2021

Rumah Gadang Batingkek

Rumah gadang batingkek atau rumah gadang bertingkat adalah rumah gadang yang berasal dari daerah Singkarak kabupaten Solok propinsi sumatera barat. Bentuk rumah gadang ini hampir sama dengan dengan rumah gadang maharam perbedaan nya hanya pada bagian atapnya dibuat bertingkat.

Rumah ini bisa di artikan sebagai rumah adat bertingkat-tingkat rumah batingkek ini memiliki keunikan yaitu tahan gempa rumah gadang betingkat kabar nya tidak pernah rusak karena gempa rumah gadang yang berbentuk seperti rumah panggung dengan ketinggian rata rata 1,5 m sengaja dibuat untuk melindungi dari hewan buas dan banjir.

Tiang tiang rumah adat tidak ditanam melainkan diletakan di atas batu dengan begitu saat terjadi gempa bangunanya hanya bergoyang. Selain keunikannya yang tahan gempa rumah adat memiliki keunikan lainya yang tidak menggunakan paku meski terbuat dari kayu sambungan utama rumah gadang tidak menggunakan paku melainkan menggunakan pasak kayu penggunaan pasak ini mengingatkan kita pada zaman dahulu.

Untuk mendirikan rumah gadang tidak sembarangan menggunakan kayu, kayu yang digunakan untuk dinding dan lantai dipilih kualitas yang terbaik terutama untuk tonggak nya. Kayu tonggak harus memiliki usia yang lama dan melewati proses perendaman di dalam air selama beberapa tahun sebelum di proses sebagai tonggak rumah.

Ini merupakan kunci untuk kayu tidak dimakan rayap saat perendaman itu zat yang terkandung dalam kayu membuatnya disukai rayab sehingga ikut terbawa air lama kelamaan akan hilang. Tak heran jika usia rumah gadang hingga ratusan tahun yang masih berdiri kokoh.

Model bangunan rumah adat batingkek terdiri dari gonjong yang bertingkat tingkat yang memiliki bentuk yang runcing dan melengkung. Terdapat dua buah gonjong yang menghadap ke depan rumah sebagai jendela dan pelindung rumah.

Rumah adat batingkek ini dibandingkan dengan rumah adat lainya ukuran rumah ini termasuk lebih besar walau begitu bangunan ini masih terlihat kokoh. Ketika berkunjung ke Sumatra barat jangan lupa untuk berkunjung ke rumah gadang batingkek yang berada di kabupaten Solok propinsi sumatera barat tidak jauh Lo jarak nya dari pusat kota Padang sekitar 2 jam an untuk sampai kesana