6. Mei, 2021

Rumah Gadang Gajah Maram

Hai sahabat blog pesona kali ini kita akan bahas kembali rumah adat minangkabau yang dominan di bangun di daerah solok hingga solok selatan. untuk lebih mau eksplore lagi rumah gadang gaja maram ini baiknya sahabat berkunjung ke 1000 rumah gadang yang ada di solok selatan.

Rumah gadang ini terletak di desa kampai tabu karambia,kecamatan lubuk sikarah,kota solok,sumatera barat. Nama dari rumah gadang gajah maram diambil dari bentuk dari rumah gadang ini menyerupai gajah menyeram. Berdasarkan beberapa sumber, rumah gadang ini merupakan rumah bagi suku caniago dengan kepala kaum bernama Husein Dt. Bandaro. Rumah ini juga digunakan sebagai kediaman dari Engku lareh di solok.

Rumah gadang ini dahulunya digunakan sebagai tempat belajar berpidato pemuda dari solok dan sekitarnya. Rumah gadang ini didirikan pada tahun 1901, sekarang rumah gadang ini tidak ditempati lagi karena keadaan rumah yang miring tetapi hanya dipakai disaat-saat tertentu saja seperti keluarga atau ahli waris yang meninggal maka akan disemayamkan dirumah gadang ini kemudian baru dibawa ke pemakaman.

Rumah gadang ini terbuat dari kayu dan atapnya dari seng, arah bangunan ke utara, memiliki 5 gonjang 4 buah berada di atap dan 1 buah dibagian depan.Jenis kayu yang digunakan adalah kayu juar, surian, ruyung sedangkan dinding timur, barat, selatan digunakan sasak. Rumah gadang ini dipenuhi oleh ukiran motif flora,bagian dalam pada bangunan ini terdapat 4 buah kamar pada masing-masing kamar terdapat motif flora yang berupa les pintu lalu bagian atas pintu memiliki ukiran yang berbentuk setengah lingkaran dengan motif kobinasi antara tumbuhan dan mahkota.

Bagian selatan terdapat lorong yang menghubungkan bangunan utama dan dapur,pintu yang ada pada bangunan ini berjumlah 2 buah 1 dibagian utara dan 1 nya lagi pada bagian selatan, pintu utara merupakan pintu masuk sedangkan pintu selatan merupakan pintu keluar. Sedangkan jendela yang ada pada bangunan ini berjumlah 4 buah.

Kondisi bangunan sudah mengalami pelapukan dan kemiringan ini juga disebabkan oleh gempa pada tahun 2009 di sumatera barat. Apabila dilihat dari kejauhan akan terlihat megah hal itu pula rumah gadang ini sangat mencolok, bangunan ini juga kokok karena banyaknya penompang yang digunakan sehingga dipercaya rumah gadang ini kuat akan gempa. Apabila anda berkunjung ke kota solok tidak ada salahnya untuk singgah ke rumah gadang gajah maram ini.

Uda kebayang ya sahabat blog pesona, bagi sahabat yang ingin berkunjung ke kampung budaya 1000 rumah gadang sahabat bisa kepoin pakket kita di Duta Pesona. Kuy eksplore wisata sumatera barat.