6. May, 2021

Rumah Gadang Surambi Papek

Rumah tradisional dari Sumatera Barat termasuk salah satu yang populer bagi masyarakat Indonesia. Bentuknya yang unik membuat siapapun yang melihat mudah mengingatnya. Bangunan adat ini disebut sebagai Rumah Gadang dengan keunikan tidak hanya dari bentuknya, namun juga warnanya.

Rumah Gadang masih bisa ditemui di Sumatera Barat, utamanya di kawasan Padang Panjang. Solok, Pasaman, dan lain-lain. Walaupun digunakan sebagai rumah tinggal, Rumah Gadang juga dijadikan objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Rumah Gadang terbagi menjadi beberapa jenis yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Beberapa diantaranya adalah untuk rumah tinggal, tempat pertemuan keluarga, tempat musyawarah antar warga, acara adat pernikahan, dan lain-lain. Nah kali ini kami akan berikan informasi tentang rumah gadang surambi papek.

Bisa dibilang,rumah adat yang satu ini terlihat agak berbeda jika dibandingkan dengan rumah yang lain. Ciri bangunan ini adalah pengakhiran kiri dan kanan bangunan yang disebut " Bapamokok" ( Papek ) dalam bahasa Minangkabau.

Pada umumnya tempat masuk ke dalam rumah gadang ini melewati pintu belakang. Hal tersebut memiliki makna bahwa yang memiliki dan menetap dirumah itu adalah perempuan, sehingga laki-laki hanya boleh menumpang dan tidak boleh menetap dirumah tersebut. Karna laki-laki dirumah gadang ini hanya sebagai manantu dan tidak bisa memiliki hak atas rumah gadang tersebut.

Namun dengan berkembangnya zaman, tipe bangunan Surambi Papek, di Koto Marapak Bukittinggi banyak dimodifikasi, karena orang tidak selalu menyukai masuk dari belakang rumah, jadi pintu masuk dipindahkan ke depan dan tidak jarang juga diberi serambi, dengan anak tangga dua buah. Bangunan ini juga banyak dijumpai di luhak tanah datar, tetapi jarang ditemukan di luhak limopuluh kota.

Jika kalian penasaran dengan bentuk rumah gadang yang unik dan berbeda dari rumah gadang yang lainnya ini kalian bisa lho langsung berkunjung ke kota bukittinggi,disana kalian akan menemukan Rumah Gadang Serambi Papek yang indak dan unik ini. Kalian pun akan mengetahui secara langsung mana yang Rumah Gadang tradisional dan mana juga yang sudah dimodifikasi (sudah modern).