7. Mei, 2021

Rumah Gadang Gonjong Limo

Hai sahabat blog travel, Hari ini kita masih lanjutkan tentang jenis-jenis rumah adat di minangkabau. Jenis rumah gadang yang satu ini memiliki bentuk bangunan yang mirip seperti gajah.

Hal yang membuat uni rumah gonjong limo adalah adanya tambahan gonjong yang berada di sisi kiri dan kanan rumah dengan ukuran yang lebih kecil dari bentuk biasanya. Atap nya terdiri atas lima bagian yang memiliki ujung lancip disetiap sisinya.

Rumah ini memiliki bagian ruang dengan fungsi yang berbeda seperti yang digunakan dalam acara adat dan hanya sebagai tempat berkumpul keluarga. Rumah ini memiliki gonjong yang di bangun di bagian depan rumah membuat rumah rumah gadang terlihat besar dan megah.

Pada masa sekarang jenis rumah seperti ini sudah mulai susah untuk ditemukan dikerenakan semakin tergerus oleh arsitektur modern. Sebagain besar rumah gadang terdiri dari kayu sehingga berisiko mudah terbakar api. Karena itu lumbung atau tempat penyimpanan makanan Rumah gadang dibuat terpisah sehingga penghuni rumah tidak mengalami kerugian yang besar jika hal yang tak diinginkan terjadi.

Jika ingin melihat keindahan dan keunikan Rumah gadang gonjong limo yang terletak di Payakumbuh propinsi Sumatera barat. Bentuk rumah gadang Bagonjong limo ini seperti rumah gadang gajah Maharam namun tidak ada anjung pada bagian rumah.

Rumah gonjong limo ini jugak terkenal dengan tahan dari gempa, banjir dan kelapukan dan nyatanya rumah gadang tetap beridiri kokoh dari dulu sampai sekarang. Atap nya terbuat dari ijuk yang disusun rapi dan hampir rata rata bentuk atap rumah gadang di Sumatra barat hampir sama dan bentuk serupa.

Bagaimana ingin berkunjung dan berlibur ke Sumatra barat? dan mengunjungi rumah gadang yang penuh keunikan jangan lupa sertakan keluarga dan sahabat untuk berkunjung kesini. Untuk menikmati sensasi ini kita dapat menggunakan jasa travel Agent yang terpercaya dan sudah resmi Agar perjalanan anda aman dan sangatlah mengasyikan ayo berkunjung ke Sumatra barat. Jaraknya dari bandara internasional Minangkabau 114 km dengan waktu tempuh yang sekitar 3 jam an tidak terlalu jauh untuk melihat sebuah karya zaman dahulu.

Jangan ragu lgi utuk eksplore sumbar dengan PT. Duta Pesona Wisata. Hayuk buran ke ke tanah rendang.