7. Mei, 2021

Rumah Gadang Gonjong Sibak Baju

Rumah gadang gonjong sibak baju ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu memiliki bentuk yang tidak ada bedanya dengan belahan baju. Rumah gadang ini juga mirip dengan rumah gadang gajah maram yaitu kayu dan sasak yang menjadi bahan atau material dari bangunan megah ini.

Rumah gadang ini juga digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat minangkabau, Rumah gadang ini mampu mendapat perhatian dari para wisatawan dalam negri maupun luar negri, kebanyakan para wisatawan berkata mereka ingin melihat keunikan seni dan desain dari bangunan ini yang banyak ragam ukiran yang ada didinding bangunan rumah gadang ini.

Rumah gadang merupakan unsur daya tarik dari sumatera barat, bangunan yang megah tapi tradisional. Rumah gadang ini diperkirakan sudah lama dibangun yang dilihat dari bangunannya kayu yang sudah mengalami pelapukan, kusam dan bangunan yang tidak berdiri lurus lagi.

Rumah gadang ini dipergunakan sebagai tempat tinggal masyarakat, kegiatan adat maupun tradisi tempat melaksanakan seremonial yaitu kematian, kelahiran, dan perkawinan, mendirikan kebesaran adat, tempat musyawarah dan mufakat dan banyak lagi. Rumah gadang ini juga memiliki ruang tamu,ruangan khusus,kamar dan dapur.

Bangunan rumah gadang ini terdapat atap berbentuk gonjong, bentuk bangunan menyerupai trapesium terbalik dna terdapat motif-motif flora seperti aka bapilin, kaluak paku, bungo mantimun, singo mandongkak jo takuak kacang goreng, siriah gadang, itiak pulang patang,kuciang lalok jo saik galamai.

Tiang-tiang yang terbuat dari kayu yang direndam bertahun-tahun sehingga menghasilkan kayu yang kokok jadi tidak heran rumah gadang ini masi berdiri saat ini, tangga yang terletak di setiap pintu masuk rumah ini.

Apabila anda memiliki waktu senggang tidak salah nya untu mengunjungi salah satu rumah gadang ini disana anda akan mendapat kan sejarah atau ilmu tentang minangkabau dan juga tentunya cocok untuk diabadikan dalam sebuah berfoto.