7. May, 2021

Rumah Gadang Gonjong Ampek Baanjuang

Sumatera Barat adalah tempat dimana yang banyak dijumpai rumah adat Minangkabau yang memiliki nama masing - masing sesuai jenis ,sejarah, dan daerahnya. rumah adat minangkabau memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri dapat dilihat dari tekstur bangunan dan warna nya yang memiliki arti. Bahan untuk membangun Rumah Adat Minangkabau ini diambil dari bahan - bahan yang berasal dari alam seperti kayu , ijuk kelapa, bambu.

Rumah tradisional dari Sumatera Barat termasuk salah satu yang populer bagi masyarakat Indonesia. Bentuknya yang unik membuat siapapun yang melihat mudah mengingatnya. Bangunan adat ini disebut sebagai Rumah Gadang dengan keunikan tidak hanya dari bentuknya, namun juga warnanya.

Rumah Gadang masih bisa ditemui di Sumatera Barat, utamanya di kawasan Padang Panjang. Solok, Pasaman, dan lain-lain. Walaupun digunakan sebagai rumah tinggal, Rumah Gadang juga dijadikan objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Rumah Gadang terbagi menjadi beberapa jenis yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Beberapa diantaranya adalah untuk rumah tinggal, tempat pertemuan keluarga, tempat musyawarah antar warga, acara adat pernikahan, dan kali ini kami akan memberikan informasi tentang  RUMAH GADANG GONJONG AMPEK BAANJUANG.

Rumah Gadang Gonjong Ampek Baanjuang merupakan rumah adat padang. Rumah adat ini memiliki anjuang tambahan pada sisi kiri dan kanan bangunannya yang menjadi ciri khas pada rumah adat ini sekaligus untuk upacara adat pernikahan. Atap pada rumah adat ini mempunyai 4 buah gonjong sesuai dengan namanya “ampek” yang berarti empat.

Rumah Gadang Gonjong Ampek Baanjuang memiliki lebih dari 7 ruangan didalamnya, Rumah Gadang Gonjong Ampek Baanjuang ini termasuk rumah adat yang tergolong megah dibandingkan dengan yang lainnya dan wajib didirikan di daerah Luhak Nan Tigo.

Pasti kalian penasaran kan dengan bentuk rumah gadang yang satu ini? Kalau begitu yuk mampir di kota padang,kalian akan menemukan Rumah Gadang Gonjong Ampek Baanjuang ini di berbagai tempat ya,dan kalian pun bisa melihat di acara-acara pernikahan adat disana.