19. May, 2021

6 Makanan Khas Pantai Padang

Hai sahabat blog pesona kali ini kami akan mengangkkat informasi tentang makanan yang harus di cobain kalau ke pantai padang. dan kali ini admin akan memberikan jenis dan resepi buat sahabat travel blog pesona. 

Jangan di lewatin ya sahabat.

A. KARUPUAK KUAH

Jajanan ini adalah jajanan khas yang ada di pantai pandang kalo dulu dulu jajanan ini di sekolah SD sekarang kita bisa menemukan jajanan ini di hampir setiap tempat wisata di kota Padang.
Resep karupuak kuah:
1. Kerupuk bawang yang besar
2. Bihun goreng
3. 400 Mili air kaldu
4. Tepung beras
5. Satu bumbu pemasak kambing
6. Satu lembar daun kunyit
7. Satu lembar daun salam
8. Satu lembar daun jeruk
9. Satu buah batang serai
10. Satu tangkai daun bawang
11. Tiga butir bawang merah
12. Dua siung bawang putih
13. 2 cm jahe
14. 2 cm lengkuas
15. 1 cm kunyit
16. 6 buah cabe merah
17. Garam secukupnya
Langkah selanjutnya goreng kerupuk lalu tumis bumbu halus beserta daun salam daun kunyit dan daun jeruk masukan air kaldu lalu tambahkan laurutan tepung beras masukan daun bawang cincang tambahkan bumbu kambing aduk sampai merata masak terus sampai mendidih. Sajikan dengan cara mengoleskan bumbu ke atas kerupuk lalu di tambahkan mie bihun di atas nya. Mie siap di santap.

B. Pensi

Pensi merupakan makanan khas sumatera barat,pensi adalah olahan kerang air tawar ukuran dari kerang ini kecil dan cangkangnya berwarna hitam.Biasanya nelayan menangkap pensi dari dasar danau dengan menggunakan tangguak.Pensi tidak hanya dimakan sebagai cemilan tetapi juga dimasak sebagai pendamping nasi,apabila dimasak untuk pendamping nasi bagian pensi yang digunakan daging yang kecil saja tentu saja untuk memisahkan cangkang dan dagingnya cukup merebus pensi sampai mendidih hingga dengan sendirinya cangkang terbuka lalu dagingnya bisa diambil kemudian pensi bisa digulai atau digoreng.Apabila untu hidangan cemilan pensi direndam dengan air agar kotoran yang menempel pada cangkang menghilang,lalu direbus.Untuk bumbu yang dibutuhkan seperti bawang perai,bawang merah yang telah dioseng/digoreng,seledri,lengkuas,dan cabe jangan lupa untuk menambahkan garam dan penyedap rasa agar rasa nya lebih enak.Lalu pensi dicampur kedalam bumbu dan siap dihidangkan biasa pensi dikemas dalam bentuk plastik-plastik kecil tapi apabila dimakam ditempat pensi disajikan dengan piring.Pensi memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan untuk meningkatkan stamina tubuh dan kecerdasan otak.

C. Rujak kuah kacang

Rujak merupakan makanan populer dinusantara dengan cita rasa segar,pedas,dan manis.Untuk buah-buahan yang digunakan seperti jambu,mangga muda,kedondong,bengkuang,pepaya,jambu air,nanas,timun.Untuk bahan kuah kacangnya seperti:
-200gr kacang tanah goreng
-5 buah cabai merah
-1 sendok terasi bakar/goreng
-150 gr gula merah
-1 1/5 sendok teh asam jawa dengan 3 sendok makan air
-garam(secukupnya)
cara membuatnya:
1. siapkan ulekan,lalu ulek cabe merah,garam,dan terasi kemudian tambahkan air asam jawa sedikit demi sedikit hingga halus.
2. masukkan kacang ulek kasar agar tekstur kacang terasa lalu tambahkan nanas uleki sampai semua nanas hancur.
3. Kemudian sajikan buah lalu siram dengan daud kacang yang dibuat atau bisa juga disajikan beda tempat untuk dicocol.
Aneka buah yang terdapat dirujak mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh dan memperlancar pencernaaan.

D. Langkitang Cucuik

Adalah salah satu jajanan khas Sumatera barat makanan ini terbuat dari langkitang atau siput air tawar yang di gulai sama santan dan cabe hijau masak sampai kuah tinggal sedikit dan mengering. Makanan ini dapat kita temukan di sepanjang pantai Padang orang menamakan langkitang Cucuik karena cara memakannya ya di Cucuik atau di seruput untuk mengeluarkan isi dalam langkitang. Gulai langkitang ini memiliki rasa yang pedas dan gurih yang berasal dari komposisi bumbu pada kuah gulai. Pengolahnya terbilang tidak cukup repot mulanya langkitang di cuci bersih ujung cangkang nya di potong lalu dimasukan ke dalam kuah gulai yang telah mendidih. Langkitang Cucuik jajanan dengan harga yang sangat ramah di kantong umum nya langkitang Cucuik tersedia di dalam baskom atau toples berukuran besar. Kemudian di takar dengan gelas atau sendok untuk di masukan ke dalam kantong pelastik ataupun piring ketika ada yang membeli harganya pun dibandrol seharga 5000 rupiah per pelastik atau piring cukup murah bukan untuk mencicipi jajanan tradisional di pantai padang.

E. Pisang kapik

adalah jajanan tradisional khas Sumatera barat. pisang kapik adalah pisang yang dijepit atau digeprek dengan alat khusus sehingga berbentuk seperti pisang gepeng terdapat taburan kelapa parut atau gula merah di atas nya.
Bahan bahan pisang kapik:
5 buah pisang kepok
200 gram kelapa parut
100 gram gula merah
1/2 sendok garam
1/2 vanili bubuk
1 lembar daun pandan
Langkah selanjutnya sisir halus gula merah campur kelapa parut dan gula merah ,garam , vanili bubuk dan daun pandan beri air sekitar 5 sendok makan masak sampai gula larut dan mengering. Lalu kupas pisang dan bakar di atas api sambil di bolak balik agar matang merata. Siapkan Duah buah daun pisang letakan daun pisang pertama di atas talenan kemudian tarok pisang yang telah dibakar di atasnya letakan daun pisang kedua di atas nya lalu geprek. Menggeprek pisang jangan sampai hancur cukup sampai gepeng lalu tata pisang di atas piring saji dan taburi luo di atas nya pisang siap dinikmati

F. Jagung Bakar

Jagung bakar identik dengan tahun baru tetapi sekarang jagung bakar sudah banyak ditemukan dipinggir kota ataupun restoran.Untuk mendapatkan jagung bakar yang enak dan empuk ada beberapa tips membuat jagung bakar:
1. Pilihlah jagung yang berkualitas baik,pilih jagung yang segar yang masih memiliki kulit,jagung jangan terlalu tua karena nanti akan terasa keras jangan lupa pilih jagung yang manis.
2. Buat bumbu oles,2 sendok margarin,1 sendok makan saus tomat,3 sendok makan saus pedas.
3. Bersihkan jagung dari kulit dan rambut
4. Lalu gunakan bara api yang pas tidak terlalu besar maupun kecil
5. Lalu lumuri jagung dengan bumbu tadi ulangi beberapa kali agar bumbu meresap pada jagung bakar hingga kecoklatan,jagung bakar siap disajikan.