26. May, 2021

Wisata Religi Mesjid Al-Hakim Pantai Padang

Kota serambi mekah di sumatera barat di julukkan pada kota padang panjang, dengan adanya pesantren tertua di indonesia. walaupun demikian kota padang memiliki banyak wisata religi yang wajib di kunjungi untuk datar kunjungan destinasi sahabat travel blog salah satunya mesjid al-hakim.

Masjid Al-hakim merupakan sebuah masjid bergaya taj mahal yang berada di tepi pantai padang,kota Padang-Sumatera Barat. Masjid ini di bangun pada tahun 2017 dan selesai pada september 2020, dengan biaya pembangunan yang di biayai oleh seorang donatur sedangkan lahan nya di sediakan oleh pemerintah kota Padang.

Bentuk bangunan dari masjid tersebut berwarna putih di keseleruhan diding luar bangunan, masjid ini memiliki tampilan yang simetris, bangunan nya satu kubah besar ditengah di kelilingi oleh empat kubah kecil dan empat menara.

Desain masjid Al-hakim dirancang oleh seorang arsitek yang bernama Rio Widya Pratama, sebelum masjid ini dibangun lahan masjid ini dulunya merupakan area bermain anak-anak dan tempat para pedagang kaki lima berjualan yang dikelola oleh masyarakat setempat, tujuan pembangunan masjid ini dikarenakan masjid disekitaran lokasi ini belum ada masjid untuk pengunjung pantai beribadah, masjid ini dibangun menjorok ke bibir pantai dan langsung memiliki spot langsung ke samudera hindia, selain tempatnya yang tenang untuk beribadah, tempat ini juga sangat indah untuk diabadikan dalam ber swafoto.

Karena letak masjid ini yang berada di bibir pantai maka masjid ini pernah mengalami ancaman abrasi, namun saat ini kepala dinas kebudayaan pariwisata kota Padang Arfian dan pihaknya telah menambah batu grip untuk pemecah ombak disepanjang bibir pantai.

Nah ini baru salah satu mesjid yang wajib di kunjungi. Mari kembangkan wisata religi yang ada di sumatera barat. Hanya dengan PT. Duta Petasona Wisa Sahabat dapat menikmati semua jenis destinasi wisata yang ada di sumbar tanpa terlewatkan.