1. Jun, 2021

Jembatan Sang Legenda Siti Nurbaya

Jembatan siti nurbaya salah satu objek wisata yang terkenal di kota padang. Lokasi jembatan siti nurbaya berada diatas sungai batang arau,kota padang,sumatera barat.Jembatan siti nurbaya ini juga penghubung antara pusat kota dengan seberang padang.

Objek wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari masyarakat setempat ataupun diluar daerah. Saat malam datang jembatan siti nurbaya ini menyajikan gemerlap lampu yang berasal dari desa yang berada di bawah hulu sungai.

Disaat kita berada diatas jembatan akan terlihat kapal yang sedang bersandar dipinggir sungai,disiang hari tampak air sungai yang berwarna hijau dan aktivitas kapal yang suasana seperti sedang diluar negeri.

Jembatan siti nurbaya ini juga masuk dalam kawasan kota tua padang disana masyarakat masih menjaga keutuhan bangunan peninggalan kolonial anda bisa berfoto disalah satu bangunan tersebut.

Jembatan ini dibangun pada tahun 1995 yaitu pada kepresidenan soeharto, jembatan siti nurbaya ini memiliki panjang berkisar 156 meter, nama dari ‘siti nurbaya’ diambil dari karya marah rusli. Diabwah gunung padang merupakan tempat peristirahatan terakhir dari tokoh siti nurbaya tersebut.

Adapun kegiatan yang menarik untuk dilakukan di jembatan siti nurbaya:

  • Menikmati indahnya terbenam sang mentari
  • Kulineran,tak perlu ragu soal rasa,walaupun yang berjualan merupakan masyarakat sekitar sudah pasti rasa enak dan lezat.

Disini juga tersedia perahu untuk wisatawan,kita akan diajak berkeliling sungai batang arau hingga ujung yang langsung berbatasan dengan samudra hindia.Jembatan siti nurbaya ini memiliki banyak kenangan yang bermula dengan kisah ‘Siti nurbaya’.