11. Jun, 2021

Baju Adat Mentawai Koleka

Hai sahabat blog travel, setiap suku pasti memiliki baju adat yang  menandakan dan baju kebanggaan adat masing-masing. Suku mentawai merupakan salah satu suku yang telah ada sejak lama hingga dapat dikatakan tato tertua di dunia. namun saat ini kita akan berikan informasi tenntang baju adat suku mentawai. atau yang sering disebut dengan KOLEKA.

Kepulauan Mentawai memiliki ciri khas baju adat yaitu baju adat sikerai dan panguerejat. Masing masing daerah Mentawai memiliki ciri khas baju adat tersendiri.

Pakaian adat Mentawai memiliki arti dan bahasa yang berbeda-beda antara satu daerah. Yang berada di tiga kepulauan Mentawai. Makna nya pakaian adat Mentawai.

Sebagai jati diri orang Mentawai dan keunikan lainya terletak terlihat dari dari daerah yang ada di Siberut.Bahkan masih ada juga yang berlaku adat hingga saat ini.

Bagi orang Mentawai khususya daerah Siberut penggunaan pakaian adat yang paling terkenal pada momen acara perkawinan atau pernikahan. Bahan pembuatan baju adat Mentawai meliput seperti bulu kalaibak bulu gougok, luat, inu, sikarai lai lai tengah, komak sabok sikairat dan lakka.

Pada acara perkawinan tambahan aksesoris untuk laki laki aileppet dan mumunen. Jenis tanaman ini selalu di pakai karena menandakan orang yang disumpah, hati akan dingin adem dan rasa damai dalam hidup nya.

Mumunen artinya dimuliakan dibanggakan dan menjadi panutan dalam keluarga dan masyarakat. Untuk menandakan kepala suku yang di hormati masyarakat Mentawai. Simbol nya dilihat dari mahkota yang di pakai dikepalanya kalau ada luat sampai tiga buah berarti itulah kepala sukunya.

Suku Mentawai Memiliki keterikatan besar dengan hutan mereka memiliki makanan pokok sendiri. Sagu dan keladi menjadi makanan makanan sehari hari hutan belantara menjadi habitat alami sagu dan keladi.

Kayu dan bambu menjadi bahan baku untuk rumah mereka. Saat sakit mereka tidak perlu pergi ke dokter bahan obat dari dalam dapat mereka temukan. Tanaman obat akan di parut dan di ambil sarinya. Dedaunan hingga umbi umbian mereka gunakan.

Semua yang di alam menjadi bagian dalam kehidupan bagi suku mentawai. dan suku mentawai tidak bisa lepas dari alam.  Ayooo kunjungi  mentawai dengan provider terpercaya duta pesona wisata.