12. Jun, 2021

Keindahan Lukisan Dengan Media Tubuh Suku Mentawai

Budaya mentawai tidak akan ada habisnnya untuk di bahas. Karna banyak keunikan dan kebiasaan warga suku mentawai menjadi daya tarik yang tersendiri. Apa lagi dengan Tato khas mentawai yang dapat di kataka tato tertua di dunia dengan menggunakan medi Tubuh pria dan wanita mentawai berlukiskan tato, bagi mereka dimentawai tato ini sudah seperti pakaian bahkan tato ini juga menjadi identitas, dan banyak juga mereka bertelanjang dada pria maupun wanita.

Tato mentawai juga merupakan sebagian dari tradisi dan budaya yang digunakan sebagai penanda profesi yang dipegang seperti ahli pemanah,ahli pengobatan, pangkat dan lain-lainnya. Setiap tato dibuat dalam bentuk yang berbeda berdasarkan pekerjaan yang mereka lakukan sehari-hari.

Tinta yang digunakan untuk membuat tato ini berasal dari arang kayu atau bekas pembakaran yang dihaluskan dan dicampur dengan perasan tebu. Kemudian duri atau jarum dicelupkan pada tinta lalu ditusukkan pada lapisan kulit.

Tato ini juga digambar pada bagian tubuh mata kaki, jari, dada rusuk, leher, hingga pipi. Orang mentawai juga percaya tato ini dibuat untuk pancaran roh dari kehidupan mereka. Tetapi orang mentawai yang masih memakai tato jarang ditemukan sekarang, kalaupun ada masyarakat yang masih berpegang teguh pada adat mentawai seperti masyarakat yang tinggal dipedalaman siberut disana masih memegang ajaran adat yang disebut dengan arat sabulungan.

Konon orang mentawai merupakan suku bangsa protomelayu yang datang dari yunani, lalu berbaur dengan budaya dongson, vietnam Adapun makna lain dari tato ini adalah sebagai keseimbangan hidup, bahwa semua yang hidup dijaga raya memiliki roh, tidak lain banyak dari orang mentawai menggambar tato mereka menurut hewan yang diburunya.

Tato mentawai ini memiliki umur tertua didunia, keberadaan seni lukis diatas kulit lebih dulu daripada tato mesir yang dimulai pada 1300 SM.Tahap pertama tato dibuat pada umur 11-12 tahun tato dibuat pada pangkal lengan, tahap kedua dibuat pada umur 18-19 tahun dibuat pada bagian paha, tahap terakhir dibuat pada usia dewasa. Khusus untuk mentawai tato ini dibayar dengan seekor babi. 

Ini informasi dari beberapa sumber yang kami dapatkan. Mau eksplor mentawai ayo hubungi Duta Pesona Wisata.