14. Jun, 2021

Misteri Pulau Pagang

Pulau Pagang merupakan salah satu lokasi yang sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga, sahabat atau teman-teman, karena tempatnya yang indah ,sejuk dan damai, selain itu kita juga bisa melakukan snorkeling dan foto Underwater bersama ikan-ikan yang cantik dan terumbu karang yg masih terjaga di sekitaran pulau ini.

Di pulau ini sudah di sediakan penginapan, kamar mandi/toilet, musholla, cafe dan juga ada banana boat yang di sewakan dengan harga per orang bagi yg ingin bermain-main air untuk membuat liburan anda semakin menyenangkan.

Untuk sejarah Pulau Pagang ini banyak sekali mitos-mitos yang mencertitakan asal mula Pulau pagang, Penamaan pulau Pagang bermula dari sebuah legenda yang berkembang di tengah masyarakat di mana nama pulau ini bermula dari sebuah kisah satu keluarga dalam sebuah kaum yang bermukim di kawasan Tarusan mengalami konflik dalam kaum yang mengakibatkan beberapa keluarga tersebut terpisah-pisah dan sebagian besar keluarga tersebut ada yang menghindar keluar dari tarusan pergi ke pulau-pulau dan bermukim di pulau Pasumpahan, selang berapa lama kemudian keluarga yang bermukim di pulau Pasumpahan tersebut berkembang dan ada yang kembali ke kampung halamannya. Karena sudah terpisah-pisah oleh jarak dan lautan, mereka bersepakat untuk berkumpul/bertemu (berpagangan) di sebuah pulau yang jaraknya tidak jauh dari Bukit Pamutusan dan Pulau Pasumpahan. Dari peristiwa bertemunya semua keluarga yang sudah terpisah di pulau tersebut maka pulau ini dinamakan pulau Pagang atau pulau Tempat menyatukan keluarga.


Namun, selain cerita di atas ada satu informasi mitos lagi yang saya dapat tentang pulau ini yaitu, Pada pasca kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, Pulau Pagang awalnya dijadikan tempat pembinaan bagi sebagian narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Muaro Padang. Taher Tenek yang ini hingga Pulau Pagang menjadi sebuah objek wisata yang menarik.