15. Jun, 2021

History Lembah Harau

hai sahabat travel blog pesona. Kali ini kita akan berikan informasi tentang history Lembah harau. Menurut cerita masyarakat yang beredar  lembah harau adalah lautan. Berdasarkan hasil survey team geologi dari Jerman dikatakan bahwa bebatuan yang terdapat di lembah Harau adalah batuan breksi dan konglomerat.Batuan jenis ini biasanya terdapat di dasar laut.

Menurut cerita raja hindustan berlayar bersama istri dan anak nya sari banilai. Perjalanan ini dalam rangka selamatan atas pertunangan putrinya dengan seorang pemuda bujang Juaro. Sebelum berangkat sari bernilai bersumpah dengan tunangannya apabila dia ingkar janji maka ia akan berubah menjadi batu dan bila bujang Juaro ingkar janji dia akan berubah menjadi ular.

Sayangnya dalam perjalanan kapal tersebut terbawa oleh gelombang dan terdampar pada sebuah selat yang sekarang dinamakan dengan lembah Harau. Kapal tersebut tersangkut pada sebuah akar yang membentang pada dua bukit.

Bukit ini dinamakan dengan bukit jambu. Batu tempat kapal tersebut dinamakan batu tambahan perahu. Setelah terdampar raja hindustan bersama keluarganya disambut oleh raja  yang memerintah Harau. Lama kelamaan menjalin hubungan baik raja hindustan ingin meningkahkan putrinya dengan pemuda setempat  bernama rambun paneh. Untuk kembali ke negri Hindustan tidak mungkin lagi. 

Tidak lama kemudian rambun paneh meningkah dengan sari banilai. Raja Hindustan tidak tau sumpah yang telah dilakukan putrinya dengan tunangannya. Waktu terus berjalan lahirlah seorang putra. Suatu hari raja hindustan membuatkan mainan untuk cucunya. Sewaktu asik bermain mainan itu jatuh ke laut anak itu menangis sejadi jadinya ibunya tanpa pikir panjang langsung terjun ke laut untuk mengambil mainan tersebut.

Sungguh tak terduga ombak datang menghempas  sari dan membuat sari banilai terjepit di batu besar. Sari banilai baru sadar ingkar janji pada tunangan dahulunya.dalam keadaan pasrah dia berdoa ke pada yang maha kuasa  supaya air laut menjadi surut.

Dia juga berdoa agar peralatan rumah tangganya didekatkan padanya. Dan dia berdoa  seandainya membuat kesalahan ia rela dimakan sumpah menjadi batu. Tidak lama berselang perlahan-lahan tubuh putri dari banilai berubah manjadi batu.

Nah jadi seperti itulah cerita terbentuknya lembah harau yang kita jumpai di kab. lima puluh kota, sumatera barat. Ayo kunjungi sumatera barat dengan PT. Duta Pesona Wisata sebagai biro perjalanan yang sudah resmi.