30. Jun, 2021

Keanggunan penari dan tarian pasambahan sumatera barat

Tari pasambahan adalah tarian yang didominasi oleh penari wanita.Tari pasambahan juga merupakan tarian populer diminangkabau sumatera barat.Tari pasambahan ini adalah tari penyambutan sebagai ungkapan selamat datang rasa hormat pada tamu.

Keberadaan tari ini melekat erat dengan upacara pernikahan adat minang.Biasanya tari ini di tampilkan saat kedatang tamu yang datang dari jauh daerah atau ketika pengantin pria datang dirumah pengantin wanita.

Tamu dipayungi sebagai penghormatan lalu disungguhkan oleh daun sirih dalam carano. Tari ini tercipta pada tahun 1962 sebagai karya seorang maestro tari minangkabau yaitu syofyani yusuf,tari pasambahan pertama kali ditampilkan saat acara penyambutan kedatangan raja belgia (belanda) di bukittinggi pada tahun 1962 secara khususnya tari pasambahan ini dibuat untuk menyambut tamu didalam ruangan.

Tari pasambahan ini disajikan dengan 9 penari yang terbagi 3 kelompok,pertama 2 orang penari laki-laki yang membawakan gerakan pencak silat lalu kedua 4 orang penari wanita yang menari lembut dan anggun dari ketiga 3 wanita dengan 1 orang pembawa carano dan 2 orang sebagai pendamping.

Carano adalah sebuah wadah yang berbentuk dulang berkaki yang terbuat dari kuningan yang didalam berisikan sirih,pinang,sadah dan gambir. Carano beserta isinya adalah simbol putih hati,tamu yang disungguhi boleh mengambil, memakan ataupun menyentuhnya saja yang diisyaratkan bahwa sang tamu menghormati penghormatan.

Tata busana untuk penari laki-laki biasanya memakai celana gelombang dengan baju taluak balango, sesamping, ikat pinggang dan juga destar kemudian 4 penari wanita mengenakan sarung atau disebut juga kondek, baju kurung dan sunting rendah.

Untuk busana pembawa carano dipakaikan sunting yang besar dan pendampingnya memakai tengkuluk tanduk. Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tari pasambahan adalah alat musik diatonis. Tari pasambahan untuk masa sekarang masih sering ditampilkan masyarakat minangkabau dalam berbagai penyambutan terutama dalam acara pernikahan adat dan penyambutan tamu penting.