8. Jul, 2021

Sejuknya Air Terjun Murai Tinggi Sijunjung

Hai sahabat blog pesona, siapa yang tidak kenal dengan daerah satu ini, lokasi tambang emas yang terkenal di sumatera barat kabupaten sijunjung. Sebuah Kab. yang banyak menghasilkan logam mulia ini. ets selain penghasil logam mulia kab. sijunjung juga memiliki keindahan wisata alam yang gak kalah loh sahabat. salah satunya Air Terjun Murai Tinggi.

Dengan Jarak tempuh dari muaro sijunjung ke nagari unggan kurang lebih 1,5 jam melewati nagari silokek, kita akan melewati beberapa nagari dan tempat wisata, salah satu geopark rana minang silokek, Nagari durian gadang, nagari durian gadang memiliki beberapa wisata seperti, air terjun palukahan dan lokomotif uap milik Jepang, dan kita juga melewati kecamatan Sumpur Kudus, dan di kecamatan Sumpur Kudus juga memiliki objek wisata seperti, tugu PDRI dan lubuak pandakian, dn kita juga melewati Nagari silantai dan di silantai juga memiliki objek wisata, seprti, menanjak yg namanya batu dinding, dan setelah itu kita sampai di Nagari unggan.

Nagari unggan juga terdapat objek wisata dan beberapa kesenian, salah satu kesenian yang ada di Nagari unggan yaitu, talempong unggan, tari piring, tenun unggan, dan pencak silat. Dan objek wisatanya yaitu, air terjun muarai sopan dan air terjun muarai tinggi.

Baiklah kita akan menuju ke salah satu objek wisatanya yaitu, air terjun muarai tinggi yang jarak tempuhnya yaitu masih manual dgn waktu tempuh 2 jm lebih, dan akses jalannya agak sedikit ekstrim dan pengunjung harus di ingatkan dengan hati-hati.

Karena kita harus menyebarangi air yang tidak terlalu deras. Dalam perjalanan ke murai tinggi kita banyak melalui ranting yang berduri. Tibanya kita diatas kita disambut dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Baiklah kitar istirahat sebentar dulu, sebelum kita melakukan kemping, menangkap ikan dan berenang. Setelah istirahat kita akan mencari ikan kedalam lubuk dan sebagian lain membuat tungku untuk memasak, menanak nasi dan mencari kayu bakar.

Setelah Bahan-bahan yang diperlukan sudah dikumpulkan kita akan memasak tumis ikan dan menanak nasi, setelah semuanya matang kita akan makan bersama, sesudah makan kita jam 3 tepat. Kita akan sampai dibawah sekitar jam 5 lebih, sebelum pulang akan berfoto bersama dulu. dan tetap jangan tinggalkan sampah dilokasi wisata ya sahabat. karna menjaga kelestarian hutan dan kebersihan alam itu memerlukan kesadaran diri sendiri.

Inilah kegiatan yang dapat di lakukan di air terjun murai tinggi. Wisata apa aja ada di sumbar, mari eksplore sumbar hanya dengan Duta Pesona Wisata yang selalu mewujudkan impian liburan sahabat.