12. Jul, 2021

Wisata bentangan alam batu Dindiang

Hai sahabat bolog pesona, selain salah satu kab yeng memiliki bentangan alam geo park, sijunjung juga sebagai lahan tambang emas satu-satunya di sumatera barat. dan kali ini kami akan berikan info tentang salah satu destinasi wisata yang gak akan mengecewakan buat sahabat semua. mau tau apa wisatanya? Pantengin web kita tiap hari ya.

Tempat wisata Batu Dindin (dalam bahasa minang batu dindiang) yang berada di Nagari silantai Kec. Sumpur Kudus Kab. Sijunjung Sumatra Barat.

Sebuah tempat wisata yang berada di pelosok yang tidak berapa orang yang tau keberadaan wisata batu dinding ini, Batu dinding smo saja dengan kita mendaki gunung tpi keindahan alam alami yang ada d nagari silatai sangat lab bagus, membuat kita nyaman dan betah berlama-lama d situ, nanti dari muaroje sumpu kudus kita juga akan melewati beberapa nagari dan objek wisata yaitu, nagari silokek salah satu geopark rana minang silokek, Nagari durian gadang, nagari durian gadang memiliki beberapa wisata seperti, air terjun palukahan dan lokomotif uap milik Jepang, dan kita juga melewati kecamatan Sumpur Kudus, dan di kecamatan Sumpur Kudus juga memiliki objek wisata seperti, tugu PDRI dan lubuak pandakian, dn kita juga melewati Nagari silantai dan di silantai juga memiliki objek wisata, seprti, menanjak yg namanya batu dinding, dan setelah itu kita sampai di Nagari unggan.

Nagari silantai juga terdapat objek wisata dan beberapa kesenian, salah satu kesenian yang ada di Nagari silantai yaitu, Randai, tari piring, rumah sidang PDRI, surau istina PDRI dan pencak silat. Dan objek wisatanya yaitu, BATU DINDING, dan Patang air (bisa disebut dalam bahasa minang DIAK BONDAGH).

Baiklh kita akan menuju ke salah satu objek wisatanya yaitu, BATU DINDING atau bisa disebut seperti mendaki gunung yang jarak tempuhnya yaitu masih manual dgn waktu tempuh 1,5 jm lebih, dan akses jalannya agak sedikit ekstrim, banyak bebatuan yang ada di tepi-tepi jalan menuju ke atas dan pengunjung harus di ingatkan dengan hati-hati.

Karena kita harus menyebarangi air yang tidak terlalu deras. Dalam perjalanan ke Batu Dinding kita banyak melalui ranting yang berduri, jalanan yang linci dan terdapat beberapa bebatuan. Tibanya kita diatas kita disambut dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Baiklah kitar istirahat sebentar dulu, sebelum kita melakukan kemah atau kemping kita siap kan dulu alat-alat untuk mendirikan tenda nya,membuat tungku, membuat tali untuk menjemur pakaian. Setelah istirahat menanak nasi, memasak dan mencari kayu bakar.

Setelah Bahan-bahan yang diperlukan sudah dikumpulkan kita akan memasak bahan-bahan yang kita bawah tadi dari bawah dan menanak nasi, setelah semuanya matang kita akan makan bersama, nanti waktu mlm kita akan melakukan permainan seperti honest or challenge dan membuat api unggun, waktu tempuh kita pulang sekitar 1 jam lebih akan sampai dibawah sekitar jam 5 lebih, sebelum pulang akan berfoto bersama dulu, mengumpulkan barang-barang bawaan dan meletakkan sampah kedalam plastik.

Ingat dalam berwisata mari menjaga lingkungan agar wisata yang kita punya tetap terjaga dan akan dapat dinikmati anak cucu kita esok.