16. Jul, 2021

Wisata Negri Emas Sijunjung

Hai sahabat blog pesona, Sijunjung banyak dikenal sebagai kota yang kaya akan hasil tambang emasnya, Tidak cuma itu kabupaten sijunjung merupakan salah satu kab yang masih menjaga adat dan tradisi yang di anut sejak lama.

Ada beberapa lokasi yang sengaja di jadikan pusat upacara adat. dan ada juga cagar budaya kampung adat, yang berlokasi di jorong padang tanah, Ranah bato , sijunjung. Dengan keramahan masyarakat dan budaya yang masih terjaga dengan baik membuat kampung adat ini patut di jadikan contoh bagi masyarakat minangkabau di kab/kota lain. 

Dengan ukiran yang penuh makna, membuktikan bahwa " Alam Takambang Jadi Guru" ini salah satu istilah yang ada di minangkabau. Bahwasannya kita harus belajar dari alam, Alam sudah menjawab semua kebutuhan manusia, dari pangan, pakan, dan papan.

Selain keindahan rumah gadang sahabat juga dapat menyewa di rumah gadang ini, karna penduduk akan mefasilitasi seperti makan, bantal dan tikar untuk sahabat menginap di lokasi cagar budaya.

Wahhh sudah kebayang ya sahabat menginap di cagar budaya sijunjung, nah sahabat akan melihat budaya yang di lakukan oleh masyarakat setempat di malam hari, berjalan menyusuri kampung dengan membawa obor dan menuju titik pementasan randai.

Budaya randai memadukan antara hiburan, sejarah, dan pesan moral yang sampaikan di waktu pementasan. dengan gerakan kaki dan tangan mungil anak-anak setempat menjadi persembahan istimewa bagi sahabat yang menikmatinya.

Kurang apa lagi ya di sumatera barat, budaya, alam, laut dan lokasi yang benar-benar strategis menjadikan sumatera barat lokasi yang harus ada di list liburan sahabat. Nah jadi tunggu apa lagi mari kunjungi kota rendang ini bersama trvel agent yang terpercaya pastinya PT. Duta Pesona Wisata.