26. Jul, 2021

Carano

Hai sahabat blog pesona, Bagaimana keadaan sekarang? masih dalam keadaan yang masih terbatas dalam melangkah  ya sahabat. walaupun seperti itu kami akan memberikan dan memperkenealkan beberapa budaya minangkabau.

Kita akan berbicara tentang suatu alat yang sering digunakan dalam acara adat. Carano carano merupakan suatu alat yang biasanya di isi bahan-bahan penyambutan tamu. yaitu mulai dari Daun sirih, Kapur sirih, tembakau, Pinang dan ada beberapa yang memasukkan rokok.

Carano terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian badan dan kaki, yang terbuat dari tembaga kuningan yang di diukir dengan ukiran-ukiran khas minangkabau. Biasanya carano juga di hiasi dengan kain dalamak yang dibuat denganjahitan tangan, yang berbahan kain merah, hita dan ada juga yang hijau, dihiasi dengan benang emas dan beberapa pecahan cermin.Jahitan yang melambangkan tentang beberapa simbol dan penuh makna bagi masyarakat minangkabau.

Karna untuk ukiran carano dan bentuk seperti tugu yang mengucapkan selamat datang bagi tamu istimewa atau  acara-acara adat di minangkabau. Nah bagi sahabat yang ingin informasi lebih lanjut bisa mengunjungi satu-satunya replika istano basa pagaruyung.

Yang berlokasi di batusangkar sahabat dapat melihat dan belajar banyak tentang budaya di minangkabau, pastinya dengan duta pesona yang selalu menjelaskan tentang adat dan budaya yang ada di sumatera barat.