13. Sep, 2021

Beras Lokal Khas Sumatera Barat

Hai sahabat tavel blog pesona, Di sumatera barat ada salah satu daerah yang dijuluki dengan kota beras, Kenapa demikian yah? 

Perkenalkan daerah solok merupakan kota dan kabupaten yang dijuluki dengan kota beras hal ini tidak lari dari peran masyarakat dan pemerintah yang selalu mensupport produk lokal agar tetap terjaga dan selalu lestari. 

Selain memenuhi kebutuhan di sumatera barat, solok juga sebagai pemasok terbesar di beberapa provinsi di sumatera hingga jawa. Hal ini dipicu oleh hasil panen yang setiap sekkali panennya mencapai ratusan ton. dari 14 kecamatan yang ada di daerah solok 12 kecamatan didominasi oleh petani sawah. 

Karakteristik beras yang termasuk jenis long grain dengan bentuk yang lonjong dan memanjang hingga tekstur yang yang pulen nemun tidak menggumpal dan tidak cepat lunak ketika terkena masakan yang berkuah. 

Hingga sekrang masyarakat yang sudah terbiasa mengkonsumsi beras lokal dengan tektur dan hasil setempat menjadikan sumatera barat satu-satunya provinsi yang tidak menerima impor beras dari luar daerah. Nah sahabat tau kenapa masakan padang, Ampera, RM Minang menjadi berbeda dari warung nasi lainnya salah satu keunggulannya adalah di berasnya.

Ndak lamak rasonyo kalau indak mancuboan masakan minang nan ndak disandiangan samo bareh solok. Yuk berkunjung dan nikmati keindahan alam sumatera barat bersama PT. Duta Pesona Wisata. Wonderful West Sumatra-Indonesia