20. Okt, 2021

Nagari Sungkai

Sungkai salah satu desa yang berhasil mengelola menjadi desa wisat. Dengan kesadaran masyarakat yang tinggi dan membuat desa yang memiliki potensi wisata mulai dari sungai, pekebunan, hingga kolam ternak ikan air tawar.

Nagari Sungkai berjarak dari Kantor Wali Nagari ke Ibukota Kecamatan adalah 0 kilometer, ke Ibukota Kabupaten adalah 38 kilometer, ke Ibukota Provinsi adalah 202 kilometer. nagari sungkai memiliki satu jenis teh andalan yaitu teh sungkai wah sungguh kayanya alam sungkai hingga memiliki tehnya sendiri.

Kampung Sungkai begitu indah, dilihat dari pesona landskap yang terpampang.Dari Kampung Sungkai, dapat melihat jajaran bukit yang masih hijau hutan-hutannya tampak masih lebat,dan bisa mendapatkan spot foto foto yang menarik.

Daya tarik wisata yang ada di nagari sungkai salah satunnya adalah agrowisata karna di dukung dengan kondisi kelelbaban dan suhu yang menunjang.

Penduduk nagari sungkai sangat merasakan potensi alam yang dititipkan yang maha pencipta, hingga penduduk setempat dapat memanfaatkan lingkungan sungkai menjadi salah satu destinasi objek wisata. Dengan segala potensi yang ada, Sekelompok masyarakat bersepakat untuk mengelola tempat wisata untuk para pengunjung yang datang.

Nagari Sungai Kunyit ini berpenduduk 8319 jiwa (2018) terdiri dari 4529 laki-laki dan 3789 perempuan, serta 1990 rumah tangga,dan Nagari sungai kunyi mempunyai 10 masjid dan 16 mushalla.