29. Okt, 2021

Pengalaman Menjadi Fasilitator

Ada pepatah mengatakan pengalaman adalah guru yang bisa di petik hikmahnya dengan belajar langsung dari diri sendiri. Nah travelmate tau kah sahabat tentang menghandle suatu event dalam event organizer sangat menyenangkan dengan bertemu orang-orang baru dengan karakter suku yang berbeda-beda menjadikan pengalaman yang sangat berharga untuk cara menghadapi dengan orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda.

Menghandle suatu event biasanya di perusahaan PT. Duta Pesona Wisata sering di sebut fasilitator, fungsi fasilitator sebagai mempersiapkan segala kebutuhan tamu yang akan di handle, mulai dari hotel, lokasi, hingga program acara yang di inginkan. 

Selain harus selalu mnyenangkan syarat menjadi fasilitator juga harus tetap tenang dalam menghadapi kendala dan komplan tamu yang di bawa, dengan wajah yang selalu ramah, senyum 272 menjadi ciri khasnya fasilitator, jangan sampai tamu mengatakan "ganti muka" waduh ini berarti sudah di luar batas kemampuan dari seorang fasilitator.

Setiap tamu pasti memiliki latar background dan edukasi yang berbeda-beda namun sebagai fasilitator harus tau bagaimana menggunakan kata dan bahasa tubuh yang cocok untuk tamu tersebut. Dan pengalaman yang paling berkesan ketika menghandle dari sebuah instansi ppemerintahan yang kita tau bahwasannya tamu selalu on time dan tertib mualai dari waktu makan hingga kegiatan yang telah di programkan.

Dengan sedikit terlambatnya sarapan yang dikarnakan kondisi dan keaadan suatu pulau yang memang start kerja mulai dari jam 8 sarapan tamu terlambat 1 jam dan itu menjadikan tamu sedikit kesal karna biasa sarapan di jam 07.00 menjadi 08.00. Soeorang fasilitator harus tetap menghadapi dan merespon tamu dengan cara mengkonfirmasi dan meminta maaf dalam kondisi seperti ini.

satu trik paling penting jangan pernah menghindar dari masalah tamu, karna menjadi seorang fasiltator di tugaskan menyediakan segala hal keperluan tamu, dengan wajah sumringah dan ceria selalu tanpa memperlihatkan kehawatiran wajah kita sendiri. Nah itu seikit pengalam menjadi fasillitato, jadi buat temen-temen fasilitator harus bisa menghandle emosi dan ego diri sendiri.