1. Nov, 2021

Suntiang Pisang Saparak

Suntiang pisang saparak merupakan salau satu jenis suntiang dari beberapa suntiang lainnya, Ets tapi sebelum itu mari ita kenal apa sih itu suntiang. Suntiang merupakan salah satu perhiasan yang wajib di gunakan saat pernikahan adat minangkabau, Untuk bentuk suntiang sendiri memiliki beberpa jenis mengikuti dari daerah kabupaten dan kota yanng ada di sumatera barat. 

Nah kali ini  kita akan membahas salah satu suntiang yang memiliki bentuk yang unik yang sering di sebut suntiang pisang saparak, suntiang ini berasal daerah solok yang dikenal dengan kota markisa. memiiki ciri yang khas tidak berbentuk setengah lingkaran yang sering kita lihat, namun lebih pipih dan bertinggkat ke belakang

Memiliki warna yang khas emas dan memiliki aksesoris berbentuk bunga. Dahulu berat suntiang mencapai 5 hingga 10 KG, namunn untuk sekarang karna banyak bahan yang digunakan kuningan dan bahan perak yang ringan sehingga mempermudah calon mempelai wanita, Suntiang pisang saprak biasanya di sandingkan dengan baju yang adat pula yang sering di sebut kuruang basibah. 

Dengan  budaya yang khas dan kentalnya keagaan untuk wilayah timur jadi baju yang digunakan harus longgar. Suntiang pisang sparak memiliki dua ukuran. Suntiang Gadang biasanya di gunakan untuk mempelai yang menyambut hari bahagiannya, sedangkkan  yang berukuran kecil atau aksesoris kembang mayang yang digunakan oleh pendamping mempelai.

Budaya mencerminkan suatu suku, walaupun di sumatera barat memiliki berbagai bentuk suntiang namun tetap kembali ke adek basanding syarak, syarak basandiang kitabuullah. yang makna bahwasannya adat tetap berpatokkan pada syariat islam dan syariat islam berpedoman ke kitab Al-qur'an.