15. Nov, 2021

Tingkuluak Tanduak

Tikuluak tanduak merupakan salah satu jenis panutuik kapalo padusi atau tikuluak dalam budaya masyarakat Minangkabau yang bantuaknyo menyerupai tanduak. Jenis panutup kapala tersebut tabuat dari kain yang dibantuak manjadi selendang panjang yang dikreasikan tanduk.

Jenis ini biasa digunakan oleh padusi dalam pertunjukan tari adat, upacara adat, penyambutan tamu, dan pengiring pengantin dalam acara pernikahan.Secara umum, tikuluak dapat dibedakan dari bentuk dan kain yang digunakan.Dari bentuknya yang menyerupai tanduk dengan dua sisi kiri dan kanan benbentuk lancip seperti tanduk kerbau.

Ragam lainnya berbentuk lingkaran dengan ujuang kain yang dijuntaikan dari atas ke arah belakang atau biasa juga disebut dengan tikuluak Bundo Kanduang, sebab jenis ini biasanyo hanyo dipakai oleh gadih dewasa yang telah menikah dan dipakai dalam acara-acara resmi adat.

Di samping dua ragam tersebut, ado jenis tikuluak yang biasa dipakai pengantin padusi (perempuan) atau anak daro dalam pernikahan yang disebut juga dengan tikuluak Koto Gadang dikarenakan jenis ini khas dari Koto Gadang.

Untuk jenis penutup kepala atau suntiang diatas sering di gunakan untuk babako. Babako ini sering di sebut menyambut pengantin wanita ke rumah mertua. dengan menadakan acara yang biasa di gunakan namun untuk hari pertama acara baiasanya mempelai wanita menggunakan jenis suntiang dan penutup kepala.

Di hari resepsi utama biasanya menggunakan baju koto gadang berwarna merah dan suntiang emas yang berbentuk setengah lingkaran. Banyak ragam budaya minangkabau dikarenakan memiliki lokasi geografis dan keturunan yang berbeda dari tigo tungku sajaranan. nah masih ragu tentang budaya minangkabau. mari kunjungi sumatera barat dengan melihat dan merasakan budaya yang ada di minangkabau.