11. Jan, 2022

Ayo kunjungi Kota Seribu Sejarah

Hi travel mate baru baru ini pemerintah sedang membicarakan tentang batu bara yang penyupply kelistrikan di indonesia yang makin berkurang  bicara tentang batu bara admin kepikiran tentang kota sawahlunto yang notabane nya kota indah yang memiliki cadangan batu bara di sumatera barat yang memiliki kualitas batu barat terbaik di dunia

Kota Sawah lunto di temukan oleh peneliti belanda yang bernama Ir C de Groot van Embden dan De Greve seorang peneliti pedalaman sumatera barat serta menginventarisasi seluruh sejarah dan kebudayaan di minagkabau ketika itu beliau sedang meriset aliran sungai ombilin dan menemukan partikel partikel batu bara yang memiliki kadungan terbaik di dunia.

Dari kejadian tersebut pada tahun 1879 Hindia belanda mulai pembangunan sara dan prasanan yang bertunjuan menunjang pembangunan tambang batu bara dan pada 1 Desember 1888 merupakan hari jadi dari Kota Sawahlunto  sejak tahun tersebut sawah lunto mulai pemproduksi batu bara.

nah yang di atas merupakan sejarah singkat dari kota sawahlunto sekarang kita akan berputar haluan yaitu membahas Objek wisata populer yang ada di kawasan sawah lunto sahabat traveler yang pertama ada objek wisata 

  1. Lobang tambang Mbah Suro : Lobang tambang ini Merupakan saksi bisu kekejaman belanda terhadap masyarakat indonesia yang dimana dalam pengerjaan penggalian tambang ini tanpa ada belas kasihan sekali pun. objek wisata ini telah menjadi museum di bawah pengelolaan dinas pariwisata kota sawah lunto di objek ini wisatwan akan di ajak masuk ke terowongan ini dan melihat bentuk dari struktur bangunan tambang dan tentu nya sebelum masuk harus mematuhi aturan yang di berikan dan sesuai dengan indikator keselamatan. dan terowongan ini juga memiliki cerita mistis yaang dimana saat pemugaran terowongan ini menemukan tulang belulang manusia di dalam mya di karenakan pada waktu kerja paksa atau rodi pekerja yang sakit dan meninggal akan di kuburkan di bawah bantalan rel tambang wahh gak kebayang ya betapa seram nya terowongan mbah suro ini eettts adayang lupa untuk penamaan dari terowongan ini di ambil dari nama Mandor yang mengatur alur dari pekerja.
  2. Kereta Api Mak Itam nah objek wisata ini juga unik karena wisatawan yang berkujung ke objek wisata ini dapat menaiki kereta api mak itam tetapi hanya gerbong saja bukun loko motif mak itam, tidak masalah setidak nya kita mendapatkan pengalaman menaiki gerbong yang sudah berusia ratusan tahun dan merasakan sensai yang luar biasa. untuk sejarah nya sendiri kereta api mak itam dahulunya di gunakan sebagai angkutan tambang batu bara dari sawah lunto menuju pelabuhan teluk bayur kota padang.
  3. Danau Biru  danau biru merupakan sebuah cenkungan yang di akibatkan dari pengeboman atau bekas tambanng batu bara yang di genangi oleh air hujan maka jadi lah sebuah danau dan objek wisata ini sedang high high nya wisatawan mengunjungi objek ini .

 

Berikut merupakan beberapa objek wisata populer yang ada di kota sawah lunto jika wisatawan ingin liburan tanpa ribet pakai jasa kami aja PT Duta Pesona Wisata  Menawarkan berbagai macam palet wisata dari paket wisata family, Paket wisata tour pulau, paket wisat lainnya yang pastinya menarik

ayooo join with us kapan lagi liburan jangan di tunggu tunggu.....

harga bisa di nego ........ siapa sepat dia dapat

untuk melihat penawaran menarik kita lainnya bisa di lihat melalui website kita yahhhh