13. Jan, 2022

"Saluak" penutup Kepala Khas Minang

Hallo travel mate kembali lagi bersama admin nah kali ini kita akan stop dulu membahas tentang objek wisata. nah kali ini kita akan membahas seputar pengetahuan yang bernuansa budaya yaitu lebih tetap nya budaya minang yang jarang orang ketahui apakah itu SALUAK merupakan tutup kepala yang digunakan bagi kaum laki laki di suku minang saluak juga merupakan simbol dari kakuatan dan keperkasaan dari seorang laki laki.

saluak umum nya sering kita temukan ketika ada suatu pesta pernikahan di Sumatera Barat. pada zamana dahulu saluak sering di pakai oleh pemimping tertinggi di mingakabau seperti para Datuak, serta saluak juga menjadi benda yang di hormati.

Ciri ciri spesifik dari saluak yaitu terbuat dari songket serta juga mempunyai kerutan di depan nya umum nya ada 5 kerutan dan unik nya pemakaian saluak ini ketika akan di pasangkan di kepala untuk tata letak nya harus di miringkan ke kiri sedikit.

saluah juga memiliki sebuah makna yaitu lipatan saluak merupakan lilitan akal seoarang pemimpin adat sedangkan untuk 5 lipatan yang ada pada saluak memiliki unsur adat minang yaitu penghulu, khatib, pemerintah, cerdik pandai, dan manti atau dubalang.

nah travel mate bertapa kayanya alam sumatera barat ini memiliki berbagai macam adat aturan khas dan budaya nahh dengan hal ini kita sebagai insan penerus juga turut andil dalam melestarikan adat kita tidak hanya di minang saja tapi di seluruh adat yang ada di indonesia.

mau liburan tapi gak ingin ribet pakai jasa kita aja PT. Duta Pesona Wisata menawarkan berbagai macam paket wisata dari paket family paket tour outbond dan tour pulau.

ayyooo lets joint with us

etttsssss harga bisa di nego ..........