14. Feb, 2022

Ekplore Pagang Island

Sumatera Barat (Sumbar) memiliki banyak objek wisata pulau yang berjejer di tujuh daerah perairan. Salah satunya Pulau Pagang, yang terdapat di Sumatera Barat, Pulau Pagang secara administrasi masuk dalam Nagari Sungai Pinang Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan

 
Pulau Pagang, sebuah pulau kecil di tengah laut barat Sumatera, sekarang menjadi ikon baru pariwisata provinsi Sumatera Barat. Pulau ini diharapkan dapat mengangkat imej dan potensi provinsi ini di bidang pariwisata, tentunya. Apa yang istimewa dari pulau ini?
 
Pulau Pagang yang cantik dan sepi pas banget buat kamu yang hobi jalan-jalan tapi nggak suka keramaian. Atau kalo kamu pengen seru-seruan sama teman-teman satu geng tanpa diganggu dan mengganggu siapapun.
Aksesibilitas menuju pulau ini menggunakan transportasi laut, menggunakan perahu nelayan dan perahu wisata,akses ke pulau ini dapat dilalui 2 wilayah yaitu,dari wilayah kota Padang dapat ditempuh melalui Dermaga Sungai Pisang dan Dermaga Bungus Teluk Kabung.Sedangkan dari sisi wilayah Kabupaten Pesisir Selatan dapat ditempuh melalui Dermaga Carocok Tarusan,dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Sebelum masuk Pulau Pagang pengunjung harus mambayar tiket masuk terlebih dahulu,harga tiket masuk hanya Rp 35 ribu dan pengunjung bisa bermain sepuasnya.
 
Pulau ini mempunyai pantai yang berpasir putih serta air laut yang biru dan kondisinya yang masih alami,serta lautnya yang mempunyai macam terumbu karang yang menghiasi bawah laut Pulau Pagang dan berbagai jenis - jenis ikan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang, wisatawan dapat snorkeling untuk berfoto di area terumbu karang,yang merupakan minat wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Pagang
Bermacam fasilitas yang bisa anda nikmati, mulai untuk bersantai cafe, toilet dan kamar mandi, sampai penginapan yang berjenis cottage bisa anda dapatkan. Untuk listrik, pengelola pulau menyediakan generator diesel yang bisa di operasikan mulai sore hari sampai keesokan paginya. Untuk penginapan sendiri anda tidak akan merasa dirugikan, karena harganya sangat terjangkau dan tentunya mempunyai privasi yang jauh dari kebisingan dibanding dengan aktifitas anda sehari-hari yang bekerja di kantor dan bahkan di pusat kota besar.
 
Jika menginap disini, maka anda kan menikmati pemandangan sunset yang luar biasa, Matahari Terbenam
Disini anda bisa menikmatinya dari puncak bukit pulau dengan hanya berjalan sekitar 10 menit saja, matahari pun terlihat terbenam di tengah hamparan laut Samudera Hindia yang sangat luas. Kemudian keesokan paginya, anda bisa berjalan di sepanjang pinggir pantai dengan pasir yang putih dan air yang jernih. Pemandangan karang pun terlihat sangat jelas ke permukaan. Tidak salah jika Pulau Pagang merupakan wisata surga bahari Sumatera Barat.Wisatawan dapat menikmati water sport yang ada di Pulau Pagang ini, yaitu banana boat,donat boat atau jet ski juga disediakan pengelola, atau menikmati snorkeling, berfoto di area terumbu karang.
Keunggulan lain dari Pulau Pagang adalah punya listrik dan sumber air bersih sendiri sehingga tidak perlu khawatir untuk kebutuhan minum dan mandi, bahkan bila ingin menghabiskan waktu berhari-hari di pulau itu.